Pilkada Gunung kidul, Cabup Sunaryanta Banjir Dukungan Rakyat

  • Share

LSI: November Akan Tentukan Pemenang 

GUNUNG KIDUL, Deteksionline.com: Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Gunung Kidul pada 9 Desember 2020 mendatang mulai diwarnai aneka dukungan yang makin menguat ke salah satu pasangan calon. Hal ini terlihat dari banjir dukungan rakyat yang terus mengalir ke pasangan nomor 4, Sunaryanta- Heri Susanto dalam satu bulan terakhir.

Menguatnya dukungan kepada pasangan yang diusung Golkar dan PKB ini datang dari berbagai kalangan masyarakat, baik perorangan maupun kelompok dan organisasi seperti Ormas, LSM dan sejumlah tokoh berpengaruh di Gunung Kidul. “Hampir setiap hari, posko kami tak pernah berhenti didatangi berbagai kelompok masyarakat. Mereka ingin ada perubahan di Gunung Kidul yang lebih baik. Dan mereka hanya percaya kepada Pak Sunaryanta sebagai calon bupatinya,” ujar Ratno Pintoyo, Ketua Tim Pemenangan Sunaryanta -Heri Susanto.

Dukungan yang cukup vulgar dimulai saat sekitar 16 pimpinan anak cabang (DPC) Partai Demokrat yang sebelumnya mendukung Sutrisna Wibawa mengalihkan dukungannya kepada Sunaryanta. Mereka kecewa kepada DPP Partai Demokrat yang tidak mendengar aspirasi arus bawah karena merekomendasikan dukungan kepada Sutrisna Wibawa (SuaraJogya.id).

Dukungan yang sama juga dilakukan gerbong pendukung Sutrisna dari Partai Gerindra.  Setidaknya ada 13 dari 17 anak cabang (PAC) Gerindra yang akhirnya menyebrang dengan mengalihkan dukungan beramai-ramai kepada pasangan Sunaryanta-Heri Susanto.

Selain dari organ partai, sejumlah pendukung RM Kukuh Hertiasning atau Ndoro Aning, Keturunan Ketiga Hamengkubuwono VIII secara terang-terangan mendukung  Sunaryanta. “Ndoro Aning berkenan memberi restu kepada kami dan seluruh komponen pemenangan Ndoro Aning menyatakan mendukung dan memilih Mayor Sunaryanta,” tegas R. Nunung Nurcahyo, Kordinator Relawan seperti dikutip KedaiPena.com.

Sebelumnya, cabup nomor urut 4 yang akrab dipanggil Pak Mayor ini, juga sudah kokoh posisinya karena dukungan dari berbagai ormas seperti Sentir Cilik, Obor Gede, Kartini Handayani Gunung Kidul (sebuah komunitas perempuan pendukung Sunaryanta), Sabuk Merah dan Tim PCNU.

Menurut Eko, Kordinator Relawan Gunung Kidul Membangun, salah satu organ relawan pendukung Pasangan Sunaryanta-Heri Susanto,  selain membanjirnya dukungan, ada fenomena menarik dari pasangan yang diusung Partai Golkar dan PKB ini. Yaitu, geliat dukungan yang menguat dari kalangan anak-anak muda milenial. Mereka menilai Sunaryanta-Heri Susanto ini sebagai pasangan ideal yang merepresentasikan suara kaum muda yang juga rindu sosok pemimpin muda.

“Jujur, sebagai perwakilan anak muda, salah satu yang membuat saya akhirnya memilih Pak Mayor Sunaryanta sebagai cabub dan bersedia jadi kordinator relawan Gunung Kidul Membangun, karena beliau adalah sosok muda yang bersih, cerdas, peduli dan yang pasti juga kompeten. Kami warga Gunung Kidul butuh pemimpin seperti itu,” ungkapnya.

Menguatnya aneka dukungan itu juga dirasakan Sunaryanta saat berkeliling menyapa rakyat dari kampung ke kampung.  Sambutan masyarakat begitu hangat dan antusias. Bahkan di beberapa titik sosialisasi, seperti di kampung Padukuhan Manggung Gedangsari, sejumlah warga ramai-ramai menyambut Sunaryanta dengan memberinya oleh-oleh berupa hasil tani seperti singkong, pisang dan bawang.

“Ini wujud kecintaan sekaligus dukungan kepada Pak Mayor yang sangat peduli kepada para petani. Beliau ternyata sosok muda yang sederhana, merakyat dan tahu aspirasi rakyat, khususnya para petani. Intinya, kami hanya percaya kepada Pak Mayor Sunaryanta untuk memimpin Gunung Kidul ke depan,” ungkap Muhtar, salah satu ketua kelompok tani.

Merespon aneka dukungan tersebut, Sunaryanta mengaku tak mau terlena, apalagi membuatnya sombong dan takabur. “Buat saya, apapun bentuk dukungan itu,  harus dimaknai sebagai amanah dan kepercayaan rakyat.  Insya Allah, dengan dukungan seluruh rakyat, saya akan menjaga amanah ini dengan baik dan benar untuk membangun Gunung Kidul lebih baik,” tegas Sunaryanta.

Menanggapi tren menguatnya dukungan kepada pasangan nomor 4, Sunaryanta-Heri Susanto, peneliti Lingkaran Survei Indonesia (LSI) network Denny JA, M. Khotib, itu sebagai sinyal kuat kemenangan. “Kalau merujuk pada data survei LSI, Pak Sunaryanta ini punya tren yang terus menguat. Ini biasanya jadi modal seorang calon untuk menang. Sebaliknya, kalau tren calon itu stagnan, apalagi turun, biasanya jadi tanda kekalahan,” katanya.

Namun begitu, Khotib mengingatkan, pasangan nomor urut 4 untuk tidak terlena dan lengah, karena masih ada sisa satu bulan. “ Dalam masa satu bulan ini, detik-detik kemenangan akan ditentukan. Tergantung, siapa yang bisa memanfaatkan sisa waktu itu. Meskipun, peluang besar ada pada Pak Mayor Sunaryanta,” tegasnya.

Penulis: Mustafa Kamal/dra

 

 1,551 total views,  1 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *