by

LBH Jingga Indonesia Raya Hadir untuk Perjuangkan Hak Masyarakat Tertindas

JAKARTA, Deteksionline.com: Ketua Umum Lembaga Bantuan Hukum Jingga Indonesia Raya (LBH JIR), Muhammad Kadafi, SH, MH menyatakan, LBH yang dipimpinnya ini hadir dengan tujuan membantu hak-hak masyarakat tertindas.

Hal ini diungkapkan oleh Muhammad Kadafi SH,MH dalam obrolan santai dengan deteksionline.com dan amunisinews.co.id di kantor LBH tersebut di Kelapa Gading Raya,Komplek Walikota,Jalan Melati Putih Blok D6 No.4 Rt 14 Rw 10 Kelapa Gading, Jakarta Utara,Kamis (15/10).

Muhammad Kadafi, menceritakan tentang profil LBH JIR. Menurutnya, terbentuknya LBH JIR ini di Kelapa Gading yaitu di Jalan Jingga. “Ini bukan soal warna yang keperempuan. Tapi karena lahir di jalan Jingga,maka jadi JIR. Tapi, intinya JIR hadir untuk keseluruhan Indonesia, untuk kemaslahatan orang banyak terkait mengenai menindasan penindasan hukum terhadap raknyat yang perlu kita perjuangkan dan kita bantu menyangkut hak haknya,” tegas Kadafi.

Contohnya, katanya, terkadang perusahan perusahan besar tidak menganggap masyarakat ketika membutuhkan lahan dan merebutnya secara paksa. JIR akan hadir menengahi hal tersebut.

“ Ya jika ada pembangunan di negeri ini yang membutuhkan lahan, jangan main rampas. Kita ingin ada perubahan, sama seperti program Jokowi terkait ganti untung. Jangan ada perubahan program tersebu.  Selama ini tidak ada yang namanya ganti untung tapi yang ada ganti rugi semua karena keterpaksaan,” ujarnya.

Muhammad Kadafi juga mengatakan LBH itu sipatnya membantu masyarakat yang lemah,bukan berarti lemah di hukum saja lemah keuangan tidak mampu membayar pengacara.

“Saat seperti itu LBH JIR peduli masyarakat yang membutuhkan bantuan hukum. Kalau pengurus pengurus daerah kalau sudah dilantik yang harus dikerjakan adalah sesuai dengan apa yang diamanatkan dan sumpahnya untuk membelah masyarakat yang terbelakangan baik materi,Ilmu,” ujarnya sambil menyebut  LBH Jingga juga meningkatkan SDM masyarakat agar lebih paham terkait mengenai hukum.

DPW dan DPD sudah terbentuk di beberapa Provinsi di Indonesia yaitu Sulawesi Utara,Lombok(NTB), Kalimantan Barat, Maluku dan Jawa Barat.

“Sebenarnya suda banyak meminta di setiap Provinsi tapi kita harus melihat kesiapan dan benar benar siap dari setiap daerah orang orangnya. Jangkauan kita adalah sampai ke kecamatan, DPP membentuk DPW,Dewan Pimpinan Wilayah(DPW) membentuk DPD,dan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) membentuk DPC,kordinator kordinator kecamatan agar kita benar benar full membantu masyarakat dan mendengarkan jeritan jeritan masyarakat,” jelas Kadafi.

Terkait UU Cipta kerja Muhammad Kadafi juga mengatakan bahwa belum begitu mendalami artinya melihat dari simbul simbul itu memang seperti apa yang di ucapkan bagian Pemerintah sendiri mereka saja belum membaca semuanya.  Artinya ada suatu keterpaksaan untuk mempercepat tapi dalam hal ini sangat merugikan, merugikan kaum buruh dan pekerja lainya,

“Menurut saya wajar wajar saja mereka menyampaikan aspirasi untuk mengembalikan hak hak yang di kurangi itu,” ujarnya.

Ketum LBH JIR  dalam waktu dekat juga akan melaunching  media online dan majalah yang bernama VIRAL NEWS.

“Di media ini kita memang mengedepankan mengenai hukum,politik,bisnis,tokoh pemerintahan dan lain lain,tapi dalam sisi hukum itulah aspirasi aspirasi dari bawah yang akan kita bantu dan akan kita publikasikan melalui media tersebut agar seluruh bangsa ini melihat ya memang selama ini melihat pemberitaan  itu agak apa yaaa agak miring ya Media lah sebenarnya sebagai corong masyarakat,” jelasnya.

Sementara itu Ketua Harian DPP.LBH JIR,  Defri Mulyadi mengatakan bahwa LBH JIR  ini akan menjadi sosial kontrol dari asyarakat baik pusat maupun daerah di mana banyak masyarakat terutama daerah yang tidak mengerti tentang hukum.

“Dengan adanya perwakilan di daerah kita akan menjadi payung hukum,diskusi hukum,perlindungan hukum terhadap masyarakat yang memang harus kita bantu. Medialah sebagai corong untuk suatu perubahan lebih baik,baik dari segi hukum, ekonomi serta hal hal yang berkaitan dengan pemerintahan,” jelas Defry Mulyadi.

“Mudah- mudahan dengan hadirnya LBH JIR dan Viral News di mana bersinergi kita membuat suatu masyarakat peduli dengan hukum taat dengan hukum termasuk pemerintah juga.” kata Defry.

 

Penulis :Syafrigon

 

 

 975 total views,  21 views today

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed