by

Lewat Program Integrasi Sapi Sawit, Erzaldi Optimis Babel Swasembada Daging

Pangkalpinang, Deteksionline.com – Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman mengaku sangat optimis Bangka Belitung di masa mendatang akan mampu menjadi daerah swasembada daging.Hal ia sampaikan saat berkunjung ke salah satu kelompok petani integrasi sapi sawit Tunas Baru Sungai Selan Bangka Tengah, ( 13/10) kemarin.

Ia menyatakan bahwa program integrasi sapi sawit adalah salah satu langkah tepat untuk percepatan mewujudkan Babel menjadi daerah swasembada sapi.Keseriusan ini pun sudah dibuktikan dengan terbitnya Peraturan Gubernur ( Pergub).

” Jadi sudah kita terbitkan Pergubnya sembari terus juga mengevaluasi. Sebab gerakan program ini masih agak slow down, mengingat beberapa perusahaan masih menganggap sapi ini adalah hama,” ujarnya.

Padahal, kata orang nomor satu di Babel tersebut, anggapan itu tidak tepat, sebab di kelompok Tani Tunas Baru Sungai Selan mampu dan sukses melakukan program pengembangan integrasi sapi sawit, yang mana kelompok ini dapat menekan biaya operasional untuk pemupukan tanaman sawitnya dengan menggunakan pupuk dari kotoran sapi yang ada.

“Yang menariknya, perkembangbiakan sapinya juga sehat dan bagus. Lihat saja dari sebelumnya hanya 30 ekor, namun dalam tempo 5 tahun terakhir sudah mencapai 230 ekor atau naik 400 hektar. Artinya setiap tahun tingkat perkembangbiakannya sangat cepat dan bagus,” ujar Gubernur Erzaldi sembari di dampingi ketua kelompok tani integrasi sapi sawit Sungai Selan, Nurohim.

Erzaldi juga mendorong kesuksesan Kelompok Tani Integrasi Sapi Sawit Bangka Tengah ini bisa di ikuti oleh perusahaan – perusahaan besar lainnya di Babel.Sehingga tentunya diharapkan ke depan Babel tidak lah susah lagi untuk mencapai swasembada daging. Apabila program integrasi sapi sawit ini dapat berjalan dengan lancar.

” Kami terus mengupayakan keberlanjutan program integrasi sapi sawit ini dan juga mengevaluasi apa saja yang masih menjadi sebab ke engaganan masyarakat di Babel sawit tidak mau memaksimalkan kebermanfaatan dari program integrasi sapi sawit ini,” Imbuhnya.

Penulis ; Liya

 183 total views,  3 views today

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed