by

Lawan Penolakan UU Ciptaker, Kapolri Terbitkan Surat Telegram

Jakarta, Deteksionline.com- Mutasi kembali dilakukan Mabes Polri. Kali ini, Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis memutasikan puluhan perwira tinggi (pati) dan perwira menengah (pamen) kepolisian. Sebanyak 229 pati dan pamen yang dimutasi mulai dari pangkat Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) hingga Irjen.

Mutasi tersebut tertuang dalam tiga surat telegram (ST) bernomor ST/2933/X/KEP.2020, ST/2934/X/KEP.2020, dan ST/2935/X/KEP.2020 yang ditandatangani Asisten Kapolri Bidang SDM Irjen Pol. Sutrisno Yudi Hermawan.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol. Argo Yuwono membenarkan mutasi pamen dan pati Polri tersebut dan biasa dilakukan dalam tubuh Polri. Selain untuk penyegaran organisasi, mutasi juga dilakukan mendekati masa pensiun sejumlah perwira.

“Ya benar (penerbitan telegram-red.). Penyegaran organisasi dan ada yang mendekati masa pensiun,” kata Argo, Rabu (14/10/20).

Dalam telegram itu, tercatat ada 54 pati dan pamen yang dimutasi. Tiga perwira memiliki bintang alias Jenderal, 34 pangkat Komisaris Besar (Kombes) dan sisanya berpangkat Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP).

Tiga Irjen yang dimutasi dari jabatannya adalah Pol. Irjen Widyanto Poesoko yang semula ditempatkan di Kemenkopolhukam, kini ditarik kembali menjadi Analis Kebijakan Utama Baintelkam Polri.

Kemudian, Irjen Pol Indra Miza yang semula ditugaskan di Wantannas dimutasi sebagai Analis Kebijakan Utama Baharkam Polri. Lalu, Brigjen Pol Tatang yang semula Penyidik Tindak Pidana Utama Bareskrim Polri dipindahkan untuk bertugas di SKK Migas.

Dalam telegram bernomor 2934 tersebut juga disebutkan, ada enam Brigjen yang dimutasi Kapolri. Di antaranya, Brigjen Dul Alim yang semula menjabat Wakapolda Jambi, kini ditempatkan sebagai Analis Kebijakan Utama Bidang Kamneg Baintelkam Polri.

Tak hanya itu, Kapolri juga merotasi Brigjen Pol. Yudawan Roswinarso yang semula Karopsi SSDM Polri kini diangkat menjadi Wakapolda Jambi menggantikan Dul Alim.

Kemudian Brigjen Pol. Hartono yang merupakan Psikolog Kepolisian Utama SSDM Polri diangkat menjadi Karopsi SSDM Polri.

Lalu Brigjen Pol. Zainal Arifin yang merupakan penyidik tindak pidana utama Bareskrim Polri dimutasi sebagai Analis Kebijakan Utama Pidana Umum Bareskrim Polri.

Selain itu ada nama Brigjen Yadi Suryadinata yang dimutasi dari posisinya sebagai Wakapolda Sulawesi Utara menjadi Analis Kebijakan Utama Bidang Ekonomi Baintelkam Polri.

Terakhir, Brigjen Rudi Darmoko yang semula menjabat Dirprog Pascasarjana STIK Lemdiklat Polri diangkat menjadi Wakapolda Sulut.

Selain itu ada 68 perwira menengah berpangkat Kombes dan AKBP yang juga dimutasi Kapolri. Terakhir, dalam telegram bernomor 2935, Kapolri melakukan mutasi terhadap sejumlah pejabat  di daerah. Setidaknya ada 103 perwira menengah yang dimutasi Kapolri dari wilayah Aceh hingga Papua.

Penulis ; Ulis

 279 total views,  3 views today

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed