by

Indrayeni: Himtani Garden, Lokasi Pertanian terpadu Bisa Jadi Agrowisata

JAKARTA, Deteksionline.com: Indrayeni, SH terpilih menjadi  Ketua Umum Himpunan Masyarakat Tani dan nelayan Indonesia (Himtani)  periode 2020-2025 sesuai  dengan surat keputusan Kongres 1 Himtani No 03/KONGRES-1/HIMTANI/2020 Tanggal 3 September 2020.

Hal ini dibenarkannya saat dikonfirmasi Deteksionline.com dan Amunisinews.co.id di Jakarta, Sabtu (10/10/2020).

Dia pun memaparkan program jangka pendek, menengah  dan jangka panjang Himtani, yang antara lain; program jangka pendek, yang merupakan program penguatan kelembagaan melalui konsulidasi pengurusan dan anggota organisasi, penguatan sumber daya manusia dan pemenuhan sarana dan prasarana organisasi.

Program jangka menengah antra lain:

I.Pengutan kelembagaan, pelatihan pengkatan pengurus organisasi, kerjasama pemodal,petani pemasaran (KP 3), kerjasama dengan Insitusi lain Pemerintah da swasta (K.IL) dan pembentukan koperasi badan usaha.

II.Pemberdayaan  dan dukungan anggota Inovatip, antara lain:

Pelatihan ketrampilan khusus (pertanian,perikanan perkebunan dan peternakan), permajaan dan perluasan perkebunan raknyat (P3R) -(tanaman komoditas ekspor sesuai dengan daerahnya), pencetakan sawah dan Perkebunan (keterlibatan Himtani) secara aktif pada program Pemerintah, peningkatan Usaha kecil dan menengah (UKM) terutama yang terkait dengan produk pertanian,peternakan dan kelautan/perikanan.

“Selanjutnya Himtani Garden,yaitu program pertanian terpadu antara tanaman makanan pokok dan perkebunan,perikanan dan peternakan dalam satu lokasi. Lokasi ini juga dapat dijadikan area wisata (agrowisata). Program ini diharapkan dapat menyerap tenaga kerja sekitarnya sekaligus mensuplay bahan pangan kepada masyarakat luas,” ujar Indrayeni.

Program jangka panjang dibagi menjadi dua bagian pertama penguatan kelembagaan.Program ini akan dilaksanakan melalui pembentukan lembaga lembaga baru yang diperlukan, pembentukan lembaga keuangan Mikro, Internasionalisasi (membuka hubungan dengan organisasi sejenis di luar negeri)

Bagian kedua Pemberdayaan dan dukungan Anggota Inovatip. Program ini melalui peninglatan SDM Melalui pendidikan dan pelatihan khusus (sesuai dengan kebutuhan) dan mekanisme sarana dan prasarana pertanian,perikanan,peternakan dan perkebunan.

Indrayeni SH  juga mengingatkan bahwa  mengatakan Bahwa  ketimpangan pembangunan infrastruktur Perkotaan dengan pembangunan infrastruktur Pedesaan dapat menggagalkan tujuan pembangunana nasional.Maka anggota Himtani perlu secara aktif meluruskan pola pikir para pengambil kebijakan baik di pusat maupun di daerah,melalui kritik,saran,usulan kegiatan dan program agar terlaksananya pembangunan yang berkeadilan.Perlu juga Pemahaman dan keyakinan seluruh anggota Himtani bahwa ketahanan pangan adalah dasar kekutan kedaulatan negara,” tegasnya.

Indrayeni,SH juga menyebut sudah menyusun struktur pengurusan danmemberikan SK baik melalui WA Grup maupun Himtani Center pasa 1 Oktober 2020.

Penulis: Syafrigon

 

 

 

 251 total views,  3 views today

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed