by

Wagub Babel Ajak Semua Sayang Laut

Pangkalpinang, deteksionline.com – Provinsi Kepulauan Bangka Belitung khususnya mendapatkan anugerah luar biasa dari Tuhan Yang Maha Esa berupa luas wilayah daratan 20 % dan sisanya 80 persen adalah wilayah laut dengan kekayaan sumber dayanya yang luar biasa.Sehingga harus lah senantiasa di syukuri dengan cara terus menjaga laut dan ekosistem di dalamnya sebagai bagian dari kedaulatan sebuah bangsa.

Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Wakil Gubernur Babel, Abdul Fatah disela-sela mengikuti kegiatan peringatan Hari Kemaritiman Nasional ke-67 yang jatuh pada 23 September 2020 kemarin bersama jajaran Kementerian Perhubungan Republik Indonesia secara virtual online, di ruang Wagub.

Momentum ini menjadi sangat penting untuk menjadi perhatian semua pihak mengingat strategisnya dan luar biasanya kekayaan wilayah laut Indonesia.Semua harus ikut menjaganya dari berbagai macam gangguan, hambatan atau tantangan yang kapan saja bisa terjadi.

“Kita peru melakukan yang nama law invesment atau penegakkan hukum secara ketat terhadap potensi-potensi yang akan mengganggu keamanan maupun perusakan wilayah laut Indonesia. Para penganggu tersebut mestilah harus di proses apabila melakukan pelanggaran di wilayah teritorial laut Indonesia khususnya Bangka Belitung,” ajaknya lagi.

Pemerintah Provinsi Bangka Belitung berkomitmen penuh untuk selalu berkoordinasi dengan pihak TNI Angkatan Laut, Polairud hingga mengajak masyarakat penggiat sektor kelauatan dan perikanan untuk memanfaatkan sekaligus menjaga kelestarian wilayah laut menuju Indonesia sebagai salah satu negara poros maritim dunia.

“Kita punya wilayah laut yang lebih luas dari daratan, dan kekayaan laut kita juga terkenal melimpah, makanya kita harus sayang laut kita, kita juga tidak bisa sendiri untuk melindunginya dari pihak-pihak tidak bertanggungjawab termasuk negara asing yang ingin menjarah, mencuri bahkan mengklaim zona wilayah laut Indonesia yang startegis ini, yang sejak zaman dahulu memang telah menjadi kawasan lalu lintas perdagangan dunia,”tambah Fatah lagi.

Penulis ; Liya

 117 total views,  3 views today

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed