by

Erzaldi Targetkan New Pelabuhan Pangkalbalam Rampung 2023

Pangkalpinang, deteksionline.com – Dalam agenda rapat virtual online bersama jajaran Direktorat kepelabuhanan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, PT.Pelindo IV, Pelindo II, Pemerintah Provinsi Babel dan Pemerintah Kota Pangkalpinang, Dinas Perhubungan Provinsi Bangka Belitung, Selasa(22/09).

Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman mengaku menaruh harapan besar rencana pengembangan pembangunan Pelabuhan Pangkalbalam Kota Pangkalpinang dapat segera dilakukan pembangunan konstruksinya pada 2021.

Sehingga ditargetkan seluruh tahap pembangunan akan rampung pada 2022 -2023 mendatang.

Karenanya Erzaldi mengharapkan dukungan dari semua pihak untuk mendukung proses rencana pembangunan pengembangan pelabuhan Pangkalbalam ini dan menyiapkan kontribusi apa yang dapat diberikan masing-masing pihak tersebut guna mempercepat rencana pembangunan pelabuhan tersebut.

” Jadi ini rencana startegis kita, makanya dalam hal ini semuanya masih berproses mulai dari menyiapkan FS kelayakan lokasi maupun FS kelayakan usaha oleh PT.Pelindo, termasuk Kota Pangkalpinang sebagai yang pihak yang punya daerah sekaligus diminta untuk segera menyiapkan Feasibility Study ( FS) atau kelayakan lokasi, Kemenhub berproses, PT.Pelindo juga dalam persiapan, Pemprov Babel juga berproses dalam menyiapkan apa yang dapat diberikan untuk mempercepat rencana pembangunan Pelabuhan Pangkalpinang,”imbuh Gubernur Babel Erzaldi Rosman.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Bangka Belitung, K.A.Tajuddin, juga membenarkan bahwa dalam rangka mendukung menuju proses persiapan rencana pembangunan pengembangan Pelabuhan Pangkalbalam Kota Pangkalpinang ini memang begitu banyak sekali proses yang harus dilalui.

“Dan karenanya juga telah dilaksanakan rapat koordinasi evaluasi progres pengembangan pembangunan Pelabuhan Pangkabalam melalui vicon online bersama pihak Pelindo, Kemenhub, Pemprov Babel dan Pemkot Pangkalpinang”, jelas Tajuddin.

Dan selanjutnya, Ia menambahkan, dalam kesempatan tersebut antara lain pihak Kemenhub sudah menyampaikan sekaligus sebagai informasi kepada gubernur bahwa saat ini sudah sampai pada tahap penyusunan studi awal pembangunan pola pelabuhan dengan Pola Kerjasama Pemerintah Dengan Badan Usaha ( KPBU) yang dilakukan oleh Kemenhub dan sudah memasuki tahap kajian literasi dan nanti dilanjutkan dengan tinjauan lapangan.

“Harapannya studi awal KPBU ini dapat diselesaikan sekitar Oktober paling lama November 2020.Termasuk Kemenhub juga berharap kepada pihak yang akan membuat
Feasibility Study ( FS) atau studi kelayakan Pengembangan Pelabuhan Pangkalbalam yakni dalam hal ini Pemerintah Kota Pangkalpinang”, terang Tajuddin kembali.

Dikatakan oleh Tajuddin, Dua dokumen ini diharapkan selesai secara pararel di waktu yang sama, karena pembuatan dokumen di waktu yang sama ini sangat penting supaya segera dapat ditindak lanjuti lagi oleh pihak Pelindo IV yaitu berupa pembuatan FS Pelindo IV sebagai dasar untuk melaksanakan pembangunan ini. Karena Pelindo IV juga mendapatkan penugasan dari Menteri Perhubungan dengan cara Blending( gabungan).

“Sekali lagi semuanya memang masih berproses, sebab untuk dapat menuju kepada rencana proses pengembangunan pembangunan Pelabuhan Pangkalbalam Pangkalpinang ini perlu banyak penguatan-penguatan dan investasinya cukup besar, karenanya tidak bisa sendiri dan harus keroyokan,” harap Kadishub Provinsi Babel kembali.

Penulis ; Liya

 241 total views,  3 views today

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed