by

Yudas Bentuk Satgas Covid-19

Mentawai, Sumbar, deteksionline.com. Bupati Kepulauan Mentawai menyampaikan informasi tentang Satuan Tugas Covid19, melalui, Kabag Hukum Mentawai, Serieli Bawamenewi, SH. selaku Juru bicara Kebijakan Covid-19  dalam jumpa Pers diruangan Aula Sekertaris Daerah Kabupaten Kepulauan Mentawai, Senin (21/09/2020).

Surat Edaran (SE) Menteri Dalam Negeri, kepada Gubernur, Bupati/Wali kota yang No. 440/5184/SJ tanggal 17 September 2020 sebagai tindak lanjut dari Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2020 tentang Komite Penanganan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Gugus di ganti dengan Satuan Tugas ( Satgas), maka dengan itu disampaikan, setiap daerah membentuk penanganan Covid-19 sebagai pengganti , Gugus Tugas Penanganacovid19 itu pihaknya, pemerintahan kabupaen kepulauan Mentawai, bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan SKPD terkait telah menggelar pembahasan untuk membentuk Satgas Penanganan Covid-19.

“Ketua Satgas Covid-19 tetap dijabat oleh Bupati Mentawai, Yudas Sabaggalet, Wakil Ketua Satgas Covid-19, Wakil Bupati Kortanius Sabeleake, juga antaranya Kapolres Mentawai AKBP. Mu’at SH.MH, Dandim 0319 Mentawai, Letkol. Bagus Mardiyanto, ST”, jelas Serieli.

“Sementara untuk jabatan Sekretaris Satgas Covid-19 langsung dijabat oleh Sekda Mentawai, Martinus Dahlan”, tambahnya.

Kemudian Ia menambahkan juga, Terdapat 6 bidang Satgas Covid-19 ini yaitu, Bidang Data dan Informasi, Bidang Komunikasi Publik, Bidang Perubahan Prilaku, Bidang Penanganan Kesehatan, Bidang Penegakan Hukum , dan Pendisplinan, Bidang Relawan.

“Dalam pembentukan Satgas itu, pihaknya juga melibatkan organisasi profesi diantaranya, Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) dan Ikatan Bidan Indonesia (IBI).termasuk Dewan Riset Daerah dan seluruh staf ahli Bupati untuk melakukan kajian-kajian dalam penanganan Covid-19 di Kepulauan Mentawai”, lanjut Serieli.

Bupati berharap, dengan pembentukan Satgas Covid-19 diharapkan lebih efektif dalam rangka penanganan Covid-19.

“Dengan ditetapkannya SK satgas covid-19 nantinya maka SK gugus tugas covid-19 dan SK pembentukan tim koordinasi pelaksanaan normal baru produktif dan aman Covid-19 dicabut, Jubir Satuan Tugas tetap dua orang (Jubir) yakni, Jubir Kebijakan, tetap Serieli BW, SH. dan Jubir Kesehatan, Lahmuddin Siregar”, terang Serieli.

Selanjutnya pada SE itu diperintahkan setiap kecamatan untuk membuat Satgas Covid-19 di tingkat Kecamatan dan Desa.

“Nanti kita akan mengirim surat ke setiap kecamatan untuk menetapkan SK camat dan SK seluruh kepala desa untuk membuat satgas di tingkat desa,” tuturnya. Serieli.

Penulis ; Delau

 242 total views,  3 views today

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed