by

Wagub : Konten Media Harus Terang Bukan Hoaks

Pangkalpinang, deteksionline.com – Pelantikan Dewan Pimpinan Wilayah ( DPW) Perkumpulan Media Online Indonesia ( MOI) Babel Periode 2020 -2023 di Gedung Mahligai Pemprov Babel, Selasa( 15/09).

Diharapkan dapat mewujudkan penguatan dan menyamakan visi antar perusahaan penyedia konten MOI untuk tidak melakukan penyebaran hoax, memberikan informasi yang baik dan benar, membina dan mengelola sebagai informasi yang juga memberikan nilai edukasi kepada masyarakat.Sehingga pemilik media online tidak hanya sekedar berbisnis.

” MOI Babel akan memberikan fungsi pengawasan terhadap perkembangan berita yang ada atau dipublikasikan, sehingga apabila ada yang salah akan diingatkan, sebab sebuah konten berita harus berimbang dan jangan sampai ada berita tapi tidak pernah konfirmasi atau mewawacarai responden,” ujar Feriyandi Komeng selaku Ketua MOI Babel usai pelantikan kemarin.

Komeng optimis MOI Babel akan mampu menjalankan tugasnya sebagai pengawas dan pembina disaat tidak semua perusahaan media online terawasi oleh pemerintah melalui Diskominfo maupun dewan pers.

“MOI juga akan melakukan penguatan melalui berbagai kegiatan dan pelatihan wartawan, guna semakin mendorong kualitas sumber daya manusia( sdm) pers bisa lebih baik,” ujarnya optimis seraya menyebutkan bahwa sudah ada 41 media online di Babel yang terdaftar dan berada dalam pengawasan DPW MOI Babel.

Sementara itu, Wakil Gubernur Babel, Abdul Fatah ditemui usai menghadiri acara pelantikan DPW MOI Babel Periode 2020-2023 juga berharap MOI Babel untuk dapat menjalankan tugasnya sesuai visi yang diemban yakni profesional, kritis, konstruktif serta bersungguh-sungguh bekerja dengan baik dalam menyediakan informasi kepada masyarakat.Sehingga informasi yang diterima masyarakat dari konten media online tersebut adalah benar, terang bukan hoaks.

” Tentu saja media harus memberikan fungsi sosial kontrolnya, sebab media memiliki ruang komunikasi dengan penyelenggara negara guna menjembatani informasi bagi publik terkait program pembangunan maupun pemberdayaan masyarakat yang dilakukan pemerintah daerah hingga tingkat pusat”, harap Wagub Babel ditemui usai pelantikan MOI Babel.

Wagub lanjutkan, Media akan memberikan fungsi pengawasan dalam implementasi program yang dilakukan para penyelenggara negara agar sesuai dengan SOP dan kreteria yang seharusnya.Sehingga bukan sebaliknya melanggar.

” Sikap kritis tentu juga harus dimiliki media masa baik cetak maupun online guna meluruskan hal-hal yang tidak sesuai dengan kondisi yang seharusnya dilakukan para penyelenggara negara.Termasuk juga media harus memberikan input, agar apa yang masih menjadi kelemahan dari penyelenggara negara tersebut dapat di kurangi, diminimalisir dan di perbaiki demi kesejahteraan masyarakat,” lanjut Fatah berharap.

Penulis ; Liya
Editor ; Herman

 95 total views,  2 views today

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed