by

Molen : Pangkalpinang Historisnya Tinggi Dalam Rebut Kemerdekaan

Salah satu peserta Paskibraka Pangkalpinang cium Sang Saka Merah Putih

PANGKALPINANG, deteksionline.com – Gelora jelang detik-detik peringatan hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 di tengah pandemi Covid-19 nyatanya tak menyurutkan semangat seluruh element masyarakat di penjuru nusantara untuk ikut merayakan hari lahir bangsa Indonesia tersebut pada 17 Agustus 2020 besok .

Hal ini salah satunya juga terlihat dari pelaksanaan pengukuhan paskibraka Pangkalpinang 2020 dan malam ramah tamah pemerintah kota Pangkalpinang bersama peserta lulus seleksi calon paskibraka tahun 2020 kota pangkalpinang di rumah Dinas Walikota Pangkalpinang.

Orang nomor satu Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil yang biasa disapa Molen seusai mengukuhkan 12 peserta Paskibraka Pangkalpinang yang akan bertugas di sebagai petugas pengibaran bendera di Hut RI 17 Agustus.

Meskipun perayaan Hut RI tahun ini di warnai di tengah pandemi covid-19 yang membatasi ruang. Namun jangan sampai hal ini mengurangi semangat untuk tetap terus berjuang bersama meningkatkan kesehatan dengan melawan virus covid-19 sekaligus meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan sosial budaya.

“Kita juga harus bangga karena Paskibraka Pangkalpinang dikukuhkan di rumah dinas yang juga tak lain adalah rumah residen yang dibangun zaman Belanda lebih dari 200 tahun silam.Sebab itu rumah residen bukan rumah sembarangan tetapi mempunyai historis yang tinggi,” imbuh Molen.

Dimasa merebut kemerdekaan Republik Indonesia, Kota Pangkalpinang oleh Presiden Soekarno Hatta pernah menyatakan pekik merdeka Pangkalpinang sebagai kota kemenangan.

Beberapa tokoh pahlawan seperti H.Agus Salim, Ir.Mohammad Hatta dan kawan-kawan juga pernah di buang ke Pulau Bangka khsusunya dan singgah di Pangkalpinang guna merusmuskan berbagai kebijakan demi meraih kemerdekaan dari tangan Belanda, Jepang dan Sekutu saat itu.

” Pangkalpinang merupakan Pangkal kemenengan sebagaimana yang pernah di gelorakan Bung Karno di lapangan kota Pangkalpinang (ATM Pangkalpinang kini). Oleh sebab itu sudah seharusnya kini mampu menjadi penambah semangat kita untuk terus mengisi kemerdekaan Republik Indonesia dengan karya-karya positif yang akan bermanfaat tidak hanya untuk diri sendiri tapi juga bagi kepentingan masyarakat bangsa dan negara,”ujar Molen menyemangati .( liya)

 601 total views,  3 views today

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed