BST Dana Kemensos Tetap dibagikan Sampai Desember 2020

  • Share

MENTAWAI, deteksionline.com –
Penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) yang bersumber dari anggaran Kemensos RI untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) tetap dilanjutkan sampai Desember 2020.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DSP3A), Nicholaus Sorotogok, Bersama Kabag Hukum Kab. Kep. Mentawai, Jubir Gugus Tugas, Serieli Bawamenewi, SH. Pada Jumpa pers di Aula Sekretariat Daerah Mentawai, Kamis (13/8).

Namun Bantuan Sosial Tunai (BST) yang bersumber dari dana Provinsi Sumatera Barat, sesuai peraturan gubernur nomor 24 tahun 2020 pasal 6, bantuan sosial tunai diberikan Rp 600.000,- per-keluarga selama Tiga Bulan tidak dilanjutkan.

“Jadi bantuan bagi masyarakat terdampak bersumber dari Provinsi Sumatera Barat tidak dilanjut atau tidak diperpanjang hanya sampai Tiga Bulan” kata Nicholaus.

Walaupun ada revisi peraturan Gubernur Sumatera Barat, tetapi bukan perpanjangan bantuan untuk masyarakat, hanya aturan mekanisme penyaluran, dengan tidak adanya perpanjangan bantuan dari Provinsi, maka penerima manfaat sebanyak 3.905 keluarga di Mentawai tidak lagi menerima bantuan itu.

“PKM sebanyak 3.905 ini, kita akan bicarakan bersama Dinas PMDP2KB Kabupaten Kepulauan Mentawai yang akan menjelaskan untuk kelanjutannya, apakah bisa diakomodir melalui Dana Desa nantinya” sebut Nicholaus.

Lebih lanjut, Ia menjelaskan untuk  BST yang bersumber dari Kementerian Sosial berlanjut sampai Desember 2020, sesuai keputusan Direktur Jendral Fakir Miskin nomor 22 tahun 2020 atas perubahan keputusan sebelumnya nomor 18 tahun 2020.

Untuk penyaluran tahap I, tahap II dan tahap III sudah dilakukan pemberian bantuan dari bulan, Mei sampai Juni 2020, sebesar Rp 600.000,-per-keluarga, selanjutnya sampai Desember2020 besarannya Rp 300.000,-

“Jadi besaran BST untuk gelombang II ini diberikan sebesar Rp 300.000,- per-keluarga” kata Nicholaus.

Untuk mekanismenya penyaluran, untuk bulan Juli sampai Agustus di berikan dengan rentang waktu sampai bulan Agustus 2020 melalui PT.Pos Indonesia.
Dan di lanjutkan sampai Desember 2020.

“ seluruh penerima manfaat gelombang kedua di 10 Kecamatan dan 43 Desa Kabupaten Mentawai yang bersumber dari Kemensos sebanyak 6.367 Keluarga”, terang Nicholaus.

Disinggung bahwa dalam penyaluran Bantuan Sosial Tunai ini banyak kejadian ada juga yang dobel menerima, seperti keluarga yang sudah bercerai, pisah tempat , suami menerima juga istri menerima, di Nomor KTP, ketahuan, maka benar-benar di klarifikasi di lapangan baru di salurkan”, sebutnya Nicholaus Sarotogok…(delau)

 320 total views,  1 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *