by

Kampus Merdeka, Merdeka Belajar Untuk Ciptakan SDM Handal

Nizwan Zukhri

PANGKALPINANG,.deteksionline.com- Pemerhati Sosial & Ekonomi Universitas Bangka Belitung ( UBB), Nizwan Zukhri menyebut bahwa pola semacam bantuan sosial ( Bansos) yang akan segera direalisasikan pemerintah khususnya dalam waktu dekat ini untuk mendorong perekonomian masyarakat akibat terdampak dari pandemi Covid-19 beberapa bulan terakhir ini sebagai hal yang wajar saja diambil walaupun sifatnya temporer atau sementara.

Karena ini juga salah satu cara pemerintah untuk mengaktifkan/ menghidupkan perekonomian dengan memperbesar pengeluaran supaya aktivitas kembali dapat berjalan.

” Wajar saja ini diambil kan tujuannya juga untuk membantu masyarakat. Walaupun dengan stimulan ekonomi semacam ini tidak bisa kita secara kontinyu dilakukan alias sifatnya hanya sementara, sebab apakah kita mampu jika terus menyiapkan pola semacam ini.Dan Solusinya jangka panjang adalah dengan mempersiapkan SDM potensial di negara ini sebaik-baiknya,”tambahnya.

Nizwan mengaku yakin bahwa perguruan tinggi tentunya juga terus berupaya mendukung langkah pemerintah menyiapkan sdm-sdm handal termasuk dengan melalui kebijakan program kampus merdeka, merdeka belajar.

Melalui sistem ini ke depan mahasiswa akan berada di kampus selama 6 semester. Yang waktunya masing-masing terbagi selama 5 semester mahasiswa akan mengikuti perkuliahan di jurusan pilihannya, 1 semester berikutnya bisa mengambil kuliah di program studi lain.

Termasuk 2 semester akan berada di luar yakni mahasiswa akan ditempatkan untuk menjalankan magang kerja di industri/ perusahaan.Atau pun ditempatkan di kampus-kampus yang ada di luar maupun dalam negeri yang saling menjalin kerjasama.

“Magang kerja yang dimaksudkan ini tentu saja bukan hanya sekedar magang biasa melainkan program ini juga akan di konversikan dengan Satuan Kredit Semester ( SKS) yang diambil mahasiswa.Sehingga boleh jadi dalam 6 mahasiwa bisa menyelesaikan hingga 20 SKS,”ujar Nizwan lagi..( liya)

 58 total views,  2 views today

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed