by

Tuntut Tujuh Tuntutan, Ratusan Petani Singkong Demo DPRD Kab Bangka

SUNGAILIAT, deteksionline.com- Ratusan Petani Singkong Kasesa dibawah naungan Koperasi Berkah Bersama Bangka Belitung Kecamatan Puding yang di Ketuai Roni datangi DPRD Kabupaten Bangka, di Sungailiat Bangka Belitung, Senin (10/8).

Kedatangan Petani Singkong Kasesa Kecamatan Puding ini menuntut penyesuaian harga dari PT Sinar Baturusa Prima (SBP) yang membeli Singkong mereka dibawah harga.

Dalam pertemuannya dengan DPRD Kabupaten Bangka, Roni sampaikan 7 tuntutan Petani Singkong Kasesa Kecamatan Puding.

Berikut 7 tuntutan Petani Singkong Kasesa Kecamatan Puding ;

1. Penyesuaian harga secara nasional.

2. Singkong KSR dibeli sesuai dengan rencana awal investasinya dibawah naungan koprasi berkah bersama Bangka Belitung.

3. Menolak wacana penghapusan program KSR oleh PT SBP.

4. Menolak mengambil alih petani KSR dari Bank Sumsel Babel kepada pihak perusahaan PT SBP.

5. Bersihkan praktek indikasi kecurangan oknum dalam penentuan kadar ACI.

6. Meminta perhatian pemerintah Daerah terhadap petani singkong dan penjualannya.

7. Potongan kadar Aci singkong KSR tetap mengacu pada hasil rapat 13 Maret 2020 antara PT SBP dan pengurus koprasi

Sementara itu, rombongan Petani Singkong yang tergabung dalam koperasi Berkah Bersama Babel Kecamatan Puding Besar yang berjumlah 10 orang di terima langsung Wakil Ketua DPRD Bangka  Mendra Kurniawan, didampingi Fraksi Gerindra Taufik Koriyanto, Sarudin dan perwakilan dari fraksi golkar
Imelda diruang paripurna DPRD Pemkab Bangka.

Mendra  Kurniawan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bangka seusia pertemuan dengan Petani yang tergabung dalam Koperasi Berkah Bersama Babel mengatakan memang sampai dengan saat ini kita tidak menerima informasi dan selembar suratpun mengenai permasalahan ini.

“Namun sebagai Wakil Rakyat kita harus terima kedatangan saudara-saudara kita Petani Singkong yang tergabung di Koperasi Berkah Bersama Babel.”tandasnya kepada awak media, Senin (10/8).

Namun Mendra mengatakan, tetap merespon dari kawan-kawan atau saudara-saudara kita petani Koperasi Berkah Bersama Babel ini yang berasal dari kecamatan Puding besar  dengan harapan agar kawan-kawan tersebut membentuk forum atau bersurat resmi ke DPRD  Bangka agar kita bisa melakukan kegiatan rapat kerja dengan pihak-pihak terkait

Yang jelas kita akan memanggil para Stakeholder kita duduk bersama  sehingga bisa menemukan titik pemecahannya dari permasalahan.

” Dengan duduk bersama dari semua stakeholder yang terkait untuk melakukan rapat kerja  sehingga akan diperoleh hasil yang positif,” ujarnya.

Mendra menekankan agar aksi ini hendaknya dibarengi dengan, “persyaratan administrasi yang disampaikan ke DPRD  Bangka dimana nanti akan menjadwalkan pertemuan sehingga bisa menentukan langkah-langkah apa yang akan ditempuh”, imbuhnya.

Sementara Ketua Fraksi Gerindra Taufik Koriyanto SH MH mengatakan akan menyampaikan tuntutan
para petani singkong ini ke Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka untuk mencari solusi.

” Akan kita sampaikan tuntutan ini kepada Pemda Kabupaten Bangka, guna mencari solusinya”, terangnya.

Seusai demo petani koperasi Berkah Bersama Babel Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bangka Mendra Kurniawan langsung  menyambangi para pendemo, berpesan agar jaga protokol  Kesehatan, taati peraturan lalu lintas dan berharap agar para petani tiba di kampung halaman dengan selamat..(heri)

 74 total views,  1 views today

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed