by

Kunjungi Balige, Pangdam I/BB Mayjen TNI Irwansyah Kagumi Caldera Global Geopark Danau Toba

BALIGE, Deteksionline.com;Dalam rangka lebih mengenal wawasan Daerah Militer Bukit Barisan, Pangdam I/BB Mayjen TNI Irwansyah mengadakan kunjungan silaturahmi ke daerah kabupaten di kawasan Danau Toba, dimulai dari Kabupaten Toba, Kamis 07 Agustus 2020.

Bertempat di pendopo rumah dinas Bupati Toba, Panglima yang belum lama bertugas di Bukit Barisan dan rombongan ini disambut oleh Bupati Toba Ir Darwin Siagian , wakil Bupati Samosir Juang Sinaga, Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor. Demikian juga Forkopimda beserta tokoh masyarakat serta tokoh agama yang ada di kabupaten Toba.
Dalam kesempatan tersebut Panglima Mayjen Irwansyah menyatakan kekagumannya dengan panorama keindahan Danau Toba yang dikelilingi oleh Bukit Barisan dipandang dari ruang panatapan rumah dinas Bupati Toba.

Panglima berpesan supaya masyarakat disekitar Danau Toba menjaga kelestarian lingkungan hidup dengan tidak merusak lingkungan dan kekayaan alam . “Jagalah alam, supaya kita dijaga alam,” demikian semboyan yang dipesankan oleh Panglima.
Dia juga mengapresiasi kekondusifan kabupaten Toba, serta mengucapkan terimakasih kepada masyarakat Toba yang telah menysmpaikan doa untuk kesuksesan tugas beliau serta cendera mata berupa Ulos Punsa yang disampirkan oleh tokoh masyarakat Manarhap Simanjuntak dan kawan-kawan kepada Pangdam beserta isteri ibu Hjj Neneng Darmianti.


Bupati Toba Ir Darwin Siagian memaparkan tentang kegiatan Pemerintah daerah untuk menata kawasan pariwisata Kaldera Global Geopark yang telah disahkan oleh Unesco pada 7 Juli 2020 yang lalu sebagai salah satu destinasi pariwisata dunia. Hal ini disambut positif masyarakat Toba dimana telah dibebaskan lahan seluas 350 Ha untuk lokasi pendirian hotel dan ressort serta fasilitas wisata lainnya di daerah Sigapiton kecamatan Ajibata.

Direktur Badan Otoritas Danau Toba Ronny Fauzi membenarkan paparan dari Bupati tersebut . Bahwa 6 titik pengembangan paling diunggulkan salah satu ada di Balige yaitu Balerong Balige sebagai kebanggaan masyarakat Toba. Selanjutnya dijelaskan bahwa sebelum pandemi covid, sudah banyak wisatawan luar negeri yang berkunjung ke danau Toba. Kebanyakan didominasi oleh wisatawan dari Singapore dan Malasya dan juga negara Asia lainnya.
Suatu saat nanti caldera Geopark Danau Toba akan seperti Nusa Dua di Bali yang luasnya hampir sama. Masyarakat sekitar Danau Toba akan lbh sejahtera dan makmur, tinggal bagaimana masyarakat Toba menyikapinya.

Usai makan siang Pangdam I/BB Mayjen TNI melanjutkan perjalanannya ke Tapanuli tengah dimana sebelumnya telah mengadakan kunjungan kerja ke markas TNI Simbisa 125 yang ada di Onan Sampang dan tak lupa ziarah ke makam pahlawan Sisingamangaraja xii di Soposurung Balige. ( aes )

o

 78 total views,  1 views today

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed