by

Amanah  UUD 1945, Negara Wajib Melindungi, Mencerdaskan dan Mensejahtrakan Warganya

JAKARTA,deteksionline.com-Dunia Pendidikan sangat penting bagi generasi penerus Bangsa Indonesia, anak-anak sebagai generasi penerus Bangsa wajib belajar, walaupun Indonesia saat ini dalam masa Pandemi Covid-19.

Sistem belajar secara Online yang diterapkan saat ini akan sangat berdampak sekali terhadap mutu pendidikan anak-anak dan juga para Orang Tua harus selalu mendampingi anak-anaknya disaat proses belajar secara Online.

Melihat kenyataan ini, anggota DPD Dapil Sumatera Utara Pdt Dr.Willem TP Simarmata MA, merasa sangat khawatir.

Menurutnya, dengan belajar secara Online ada sisi plus dan mines nya, mengingat beban biaya kuota bagi para orang tua murid.

“Kebutuhan jaringan internet sudah sangat dibutuhkan  di era ini khususnya untuk  mendukung cara belajar on line dewasa ini karena dampak Covid19. Karena belajar di rumah dengan daring dikhawatirkan bahwa mutu proses belajar mengajar saat ini akan berdampak buruk bagi anak anak sekolah,” tegasnya melalui Telepon Selular, Rabu (29/7).

Lebih lanjut ditegaskan, Jaringan internet yang sangat lemah dan  tidak memadai di berbagai pelosok akan sangat menganggu kwalitas belajar dan mengajar.

Di dalamnya sangat banyak tantangan seperti setiap keluarga harus menyediakan lebih dari satu Smartphone agar anak anak dapat mengikuti belajar  melalui zoom.

“Keadaan ekonomi pun tidak memungkin untuk membeli 1 atau 2 buah HP. Belum lagi karena orangtua harus mendapingi anak anak belajar pada hal orang tua tidak memahami kurikulum dengan baik,” terang Senator asal Sumatera Utara.

Kemudian dalam penjelasannya, konsentrasi anak-anak yang sedang belajar pun sering terganggunya  karena lingkungan dalam rumah tempat tinggal.

“Bahkan yang paling menyedihkan adalah karena  tidak ada jaringan. dan tidak ada signal sama sekali. Di desa tertentu banyak ya tidak harus manjat pohon  dan membuat tempat duduk dari lembaran  papan agar mendapat signal untuk mampu mendapatkan signal dan dapat berkomunikasi,” pungkas anggota DPD komite 3 yang membidangi Kesehatan, Pendidikan, Olahraga dan Agama.

Selanjutnya, untuk memaksakan siswa hadir di Sekolah pun masih berbahaya apalagi di daerah yang kategori zona merah. Inilah tantangan besar yang wajib dihadapi oleh bangsa ini. Sebab tugas negara adalah melindungi,  mencerdaskan dan mensejahterakan warganya. Itu adalah wajib karena amanah  UUD 1945.

“Sebaiknya perusahaaan besar bolehlah menggunakan CSR nya, untuk membantu proses mengajar dan belajar ini dengan menggunakan CSR. memfasilitasi  berbagai Sekolah di pelosok-pelosok untuk membangun jaringan Internet sehinhga anak anak di pedesaan dapat terbantu,” tutup Dr.Willem mengahiri pembicaraan…(budi setiawan)

 124 total views,  1 views today

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed