by

Menguak Misteri Keberadaan PT BSS di Desa Bukit Layang Bakam

Keterangan Foto // diduga Pabrik PT BSS tanpa Plang Nama

Sungailiat,deteksionline.com-Keberadaan PT Bangka Sukses Sejahtera (BSS) yang bergerak dibidang pabrik pengolahan Buah Kelapa Sawit atau biasa disebut Tandan Buah Segar (TBS) di Desa Bukit Layang
masih menjadi misteri.

Pasalnya menurut pengakuan masyarakat Desa Bukit Layang, masyarakat hanya mengetahui adanya pabrik atas nama PT Fenyen Agro Lestari ( FAL) dan semua perizinan juga atas nama PT FAL.

AB salah seorang warga Bukit Layang mengaku bingung setelah ramai diberitakan di media ada nama PT BSS di Desa Bukit Layang Kecamatan Bakam, padahal selama ini yang ada hanyalah PT FAL.

” Saya tidak mengetahui kalau ada aktifitas pabrik pengolahan Sawit di Desa Bukit Layang, kami hanya mengetahui PT FAL”, ucap AB melalui kepada Deteksi Online, Sabtu (11/7/2020).

Lanjut AB, memang ada pabrik pengolahan Kelapa Sawit disini, namun pabrik itu tidak ada Papan plang nama yang terpampang di Lokasi Pabriknya, namun beberapa dari pengakuan Sopir pengantar Tandan Buah Segar (TBS) mengaku mengantar TBS itu kepada PT BSS.

” Saya sempat bertanya kepada beberapa Sopir yang mengantar TBS kelokasi Pabrik di Desa Bukit Layang mereka mengaku mengantar kepada Pabrik PT BSS, namun saya tidak melihat DO mereka”, jelas AB kembali.

Sementara Kades Bukit Layang Andry juga merasa bingung dengan adanya aktifitas PT BSS di Desa Bukit Layang karena sepengetahuannya sebagai Kades hanya PT FAL.

” Jangankan wartawan pak, saya juga bingung, kami hanya mengetahui “, PT FAL namun setelah adanya pihak Kepolisian Polres Bangka mendatangi lokasi Jalan Utama kelokasi Pabrik yang dilaporkan warga Singailiat, kami baru mengetahui adanya aktifitas PT BSS di Bukit Layang”, ungkap Andry melalui pesan Whats App, Sabtu (11/7/2020).

Sementara itu Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Bangka Elius Gani, SP mengaku melalui Kabid Perkebunan Subhan SP, Kabupaten Bangka tidak pernah mengeluarkan Izin Usaha Perkebunan (IUP)  atas nama PT BSS di Desa Bukit Layang Kecamatan Bakam Kabupaten Bangka, kalau PT PAL ada.

“Pihak Kabupaten Bangka hanya mengetahui ada IUP PT PAL bukan PT BSS untuk kebun dan pabrik, izin sebelumnya di revisi di 2017 karena ada penambahan luas kearah Dusun Cungfo Desa Bukit Layang Kecamatan Bakam mau tidak mau ada revisi IUP termasuk untuk pembangunan pabrik itu”, jelas Subhan dikantornya, Jum’at (10/7/2020).

Subhan menerangkan, terkait keberadaan PT BSS, sepengetahuan kami di bidang perkebunan di Kabupaten Bangka , tidak ada izin yang dikekuarkan maupun rekomendasi izin usaha perkebunan atas nama PT BSS , barangkali kami tidak tau apakah lewat PTSP Kabupaten Bangka.

” Terkait keberadaan PT BSS, sepetahuan kami di perkebunan itu tidak ada izin yang dikeluarkan karena walau izin lewat PTSP Kabupaten Bangka, pasti rekomendasi tehnis itu tetap lewat Dinas Pertanian. Rekomendasi untuk izin usaha perkebunan termasuk pabrik, sementara untuk IUP PT PAL luas yang ada izinnya 3068 termasuk pabrik”, lanjutnya.

Sementara Kabid Perizinan PTSP Kabupaten Bangka Heri juga mengakui saat tidak pernah ada izin untuk PT BSS, yang ada hanya PT PAL.

” Semasa saya menjabat Kabid Perizinan di Kabupaten Bangka sudah beberapa tahun, saya belum pernah melihat ada izin yang diajukan untuk PT BSS di Desa Bukit Layang Kecamatan Bakam Kabupaten Bangka, yang saya tahu adalah PT PAL”, imbuhnya, Jum’at (10/7/2020).

Kemudian, Pihak PT BSS sampai saat ini masih belum memberikan keterangan apapun terkait adanya aktifitas Pabrik Pengolahan Kelapa Sawit di Desa Bukit Layang Kecamatan Bakam.

Humas PT BSS Jhonny berkali-kali dikonfirmasi Deteksi Online sejak Jum’at malam (10/7) melalui pesan Whats App terkait IUP Pabriknya, masih memilih bungkam…(red)

 159 total views,  1 views today

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed