by

Kades Comok Sinar Jaya Sukses Membangun ARLELA Desa

Lampung Utara, deteksionline.com—Pasca bergulirnya program pemerintah pusat ke setiap desa di Indonesia, berupa Dana Desa (DD) mulai dirasakan azas manfaatnya oleh masyarakat. Seperti halnya di Desa Comok Sinar Jaya, Kecamatan Sungkai Barat, Kabupaten Lampung Utara (Lampura). Kini, pembangunannya pun mulai berjalan demikian pesat.

Semenjak Hendra Gunawan atau yang akrab disapa Hen, (Kades-red) menyerap Dana Desa perdana pada medio 2017 lalu, saat itu dirinya menjabat sebagai Kades. Disanalah ia, giat melaksanakan pembangunan terutama infrastruktur umum dan pemberdayaan.

Menurut Hendra, pada tahun 2018, ia mulai menyerap Dana Desa yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) itu dengan membangun siring dan pemberdayaan masyarakat lainnya.

“Seluruh pembangunan yang bersumber dari DD kesemuanya merupakan usul masyarakat yang kita tampung dan kita realisasikan dari musyawarah desa,” ujarnya saat dikonfirmasi Deteksionline.com di kediamanannya, Sabtu (11/7/20).

Sementara pada realisasi DD tahun anggaran 2018 hingga 2019, tambah Kades, yang dilantik pada 2017 lalu itu, Desa Comok telah menyelesaikan pembangunan fisik berupa siring, rabat beton, sumur bor, rehap kantor desa, pagar kantor desa, tembok penahan tanah (TPT) dan lain-lainnya.

“Sedangkan tahun ini (2020-red) kita juga sudah merealisasikan beberapa kegiatan dengan DD tahap pertama, meskipun dalam pengolahannya yang cukup keras dikarnakan berhadapan dengan Virus Corona (Covid-19),” urainya.

Adapun kegiatan tersebut yakni pembuatan jamban sebanyak 83 unit, siring pasang, sumur bor, MCK kantor desa, gorong-gorong dan TPT dan alhamdulillah pekerjaan tersebut telah diselesaikan 100 persen tinggal nunggu monitoring dan evaluasi (Monev) dari dinas terkait.

“Pekerjaan telah kita selesaikan 100 persen tinggal menunggu Monev dari istansi terkait. Jika katanya cukup maka secepatnya kita serah terimakan,” kata Hendra.

Selain realisasikan pembangunan, kata Hendra, ia juga telah melakukan penyemprotan disinfektan dan pembagian masker serta pembagian Bantuan Langsung Tunai (BLT).

“Sebanyak 83 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Desa Comok Sinar Jaya, telah terima kartu ATM BLT. Jika nanti di APBDes perubahan masih tersisa anggaran, maka kita lanjutkan pembangunan sesuai dengan kesepakatan/ musyawarah,” terangnya.

Terkait dengan itu, Hendra sangat bersyukur. Dimana Dana Desa sudah menuai manfaat yang kini dirasakan oleh masyarakat desanya. Ia pun dapat merealisasikan segala pembangunan sesuai dengan cita-citanya selama ini untuk mewujudkan desa maju yang memang selama ini di idam-idamkan warganya.

Sedangkan dengan pembangunan Arlela (47), warga setempat, mengaku sangat senang dan mendukung program dana desa dari pemerintah pusat. Ia yakin, jika pembangunan seperti ini ke depan, desanya akan sangat berkembang dengan pembangunan yang merata serta manfaatnya dapat dirasakan oleh setiap warga.

“Arlela, Desa membangun Indonesia’ sangat tepat. Dengan adanya dana desa, masyarakat dapat mengusulkan kebutuhan di desa mereka sendiri, dapat merealisasikannya. Kini manfaat itu pun sudah mulai kami rasakan,” ungkapnya dengan tersenyum. (Darsani)

 64 total views,  1 views today

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed