by

Jhonny Humas PT BSS : Kami Tidak Pernah Serobot Tanah Warga, Tujuan Kami Buat Jalan Ingin Membantu Warga

Sungailiat,deteksionline.com-Jhonny Humas PT Bangka Sukses Sejahtera (BSS) mengatakan terkait dugaan  penyerobotan Tanah Warga, untuk membangun Jalan Utama kelokasi Pabriknya, PT BSS tidak pernah menyerobot Tanah warga, tujuannya bangun jalan Utama untuk membantu warga Desa Bukit Layang Kecamatan Bakam Kabupaten Bangka.

” PT BSS tidak pernah serobot tanah warga, tujuan kami membangun jalan Utama itu untuk membantu warga Desa Bukit Layang, jalan itu dulunya kecil sekali, hanya ukuran Satu mobil, jadi kami lebarkan”, ujar Jhonny kepada Deteksi Online, Jum’ at (10/7/2020) melalui tlp wa.

Jhonny juga mengatakan terkait adanya laporan warga mengenai tanah atau lahan, pada prinsipnya yang baik itu menang.

” Yang baik itu pasti menang”, kata Jhonny.

Namun saat disinggung terkait apa hubungannya PT BSS dengan PT FAL ( Fenyen Agro Lestari), Jhonny kelihatan agak merasa tidak senang, alasannya jangan melebar.

” Tadi tanya mengenai jalan, bukan masalah PT FAL, itu tidak ada hubungannya, saya tidak mau jawab”, terang Jhonny kembali.

Tetapi saat didesak kembali karena Deteksi Online mendapat informasi, di Desa Bukit Layang itu tidak ada yang namanya perusahaan perkebunan atas nama PT BSS, yang ada adalah PT FAL, jhonny meminta Deteksi Online tanya ke Kementerian Pertanian.

” Tanya saja Kementerian Pertanian, itu urusan Kementerian”, jawab Jhonny agak sedikit ketus.

Sementara itu Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Bangka Elius Gani, SP mengaku melalui Kabid Perkebunan Subhan SP, Kabupaten Bangka tidak pernah mengeluarkan Izin Usaha Perkebunan (IUP) atas nama PT BSS di Desa Bukit Layang Kecamatan Bakam Kabupaten Bangka, kalau PT FAL ada.

“Pihak Kabupaten Bangka hanya mengetahui ada IUP PT FAL bukan PT BSS untuk kebun dan pabrik, izin sebelumnya di revisi di 2017 karena ada penambahan luas kearah Dusun Cungfo Desa Bukit Layang Kecamatan Bakam mau tidak mau ada revisi IUP termasuk untuk pembangunan pabrik itu”, jelas Subhan dikantornya, Jum’at (10/7/2020).

Subhan menerangkan, terkait keberadaan PT BSS, sepengetahuan kami di bidang perkebunan di Kabupaten Bangka , tidak ada izin yang dikekuarkan maupun rekomendasi izin usaha perkebunan atas nama PT BSS , barangkali kami tidak tau apakah lewat PTSP Kabupaten Bangka.

” Terkait keberadaan PT BSS, sepetahuan kami di perkebunan itu tidak ada izin yang dikeluarkan karena walau izin lewat PTSP Kabupaten Bangka, pasti rekomendasi tehnis itu tetap lewat Dinas Pertanian. Rekomendasi untuk izin usaha perkebunan termasuk pabrik, sementara untuk IUP PT FAL luas yang ada izinnya 3068 termasuk pabrik”, lanjutnya.

Sementara Kabid Perizinan PTSP Kabupaten Bangka Heri juga mengakui saat tidak pernah ada izin untuk PT BSS, yang ada hanya PT FAL.

” Semasa saya menjabat Kabid Perizinan di Kabupaten Bangka sudah beberapa tahun, saya belum pernah melihat ada izin yang diajukan untuk PT BSS di Desa Bukit Layang Kecamatan Bakam Kabupaten Bangka, yang saya tahu adalah PT FAL”, imbuhnya, Jum’at (10/7/2020).

Saat disinggung menurut pengakuan Jhonny izin langsung dari Kementerian, Heri terlihat bingung, sebab semua izin itu dari bawah tidak pernah dari atas kebawah.

” Semua izin itu dari bawah baru ke Kementerian, bukan dari Kementerian baru ke Kabupaten”, ungkapnya…(red)

 200 total views,  1 views today

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed