by

Hadapi Pemilukada, Bawaslu Kab Serang Lakukan Sosialisasi Pengawasan  

Serang, deteksionline.com-Untuk menghadapi Pemilukada di 29 Kecamatan Kabupaten Serang, Bawaslu Kabupaten Serang lakukan sosialisasi, Jum’at (10/7/2020).

Salah satunya tempat sosialisasi di Kecamatan Jawilan bertempat di Yayasan Pendidikan Karya Mandiri Desa Kareo Kecamatan Jawilan Kabupaten Serang, dengan mengundang Tokoh Pemuda, Tokoh Masyarakat, dan Tokoh Agama, serta Mahasiswa.

Di ketahui bersama pemilukada Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Serang akan di selenggarakan pada tanggal 9 Desember 2020

Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Serang, Divisi Pengawasan, Humas dan Hubungan Antar Lembaga, Abdurohman mengatakan, stackholder yang ada di masyarakat perlu kita libatkan dalam pengawasan pemilu untuk menjaga kwalitas demokrasi.

“Persoalan pemilihan bukan hanya tanggung jawab penyelenggara pemilu, namun ada peran masyarakat didalamnya termasuk pengawasan. Kami berharap masyarakat teredukasi bahwa aturannya sudah ada lararanganya sudah jelas, ayo kita wujudkan bahwa pemilihan ini pesta demokrasi, bukan pesta intimidasi, bukan pesta uang esensinya kan begitu,” katanya.

Lanjutnya, terkait para undangan yang hadir para tokoh pemuda maupun masyarakat bisa meneruskan informasi bahwa ini bukan ritual tahunan tapi ada visi misi kemanusian bagaimana masyarakat mempunyai peran penting dalam pesta demokrasi.

” Bagi yang hadir untuk bisa meneruskannya kepada masyarakat karena masyarakat mempunyai peran penting dalam pesta demokrasi”, terang Abdurohman.

Ia menambahkan, Trend Pilbup 2020 ditengah Pandemi diprediksi banyak menggunakan medsos sebagai media kampanye, sebab kampanye terbuka dibatasi.

“Kewenangan kita itu terbatas, misalnya akses data segala macam, misalnya begini, ada laporan black campaign oleh akun tertentu, untuk membuktikan akun itu orang agak susah juga, barangkali yang bisa dilakukan pencegahannya kita Mou nya coba dengan Diskominfo dan pihak terkait, kalo konten itu berkaitan dengan kampanye itu ranah Bawaslu, kalo sudah menyangkut personal barangkali sudah pidana umum,” jawabnya.

“kita agak lemah memang berkaitan dengan konten kampanye di medsos terkait kewenangan, kalo bawaslu dikasih kewenangan langsung tutup akun sih lebih baik, itu lah yang tidak kita miliki, kita pastikan bahwa bawaslu akan awasi kampanye di media sosial,” lanjutnya.

Abdurrohman menambahkan masyarakat diberikan kemudahan melakukan pelaporan pelanggaran pemilu bisa secara online.

“Kita punya gowaslu, sips bawaslu jika ada kendala bisa kontak lewat akun sosmed kami. Kalo berbentuk laporan pasti sangat kita respon asalkan tadi memenuhi syarat formil dan materilnya terpenuhi,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Panwascam Jawilan, Asep Fathudin berharap masyarakat dapat terlibat dalam pengawasan pelaksanaan Pilbup 2020

“Panwas Jawilan hanya menjadi fasilitator saja peserta yang kita undang hanya tokoh masyarakat tokoh pemuda dan tokoh agama saja namun dengan adanya sosialisasi ini harapannya para peserta menjadi rekan penyampaian informasi dari Panwascam atau Bawaslu sebagai bentuk partisipasi dari masyarakat dalam hal pengawasan”, tutupnya..(hidayat)

 114 total views,  1 views today

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed