by

Serieli Bawamenewi Jubir Gugus Tugas Mentawai : Pertahankan Zona Hijau, Tetap Ikuti Prokes

Mentawai,deteksionline.com-Juru bicara Gugus Tugas Penanganan dan Pencegahan penyebaran Covid-19 Kabupaten Mentawai Serieli Bawamenewi mengatakan ruang gerak seluruh aktivitas dimasa New Normal diperbolehkan asal secara ketat melaksanakan Protokol Kesehatan (Prokes) yang ada.

” Ruang gerak masyarakat dimasa New Normal tidak dibatasi namun wajib melaksanakan Prokes”, jelasnya kepada Deteksi, Selasa (7/7/2020).

Ia mengingatkan, wilayah Kabupaten Kepulauan Mentawai adalah Empat Pulau besar, perlu diterapkan aturan saat akan melakukan perjalanan baik melalui traspotari antar pulau maupun saat akan melakukan perjalanan traspotasi ke Padang dan sebaliknya dimasa darurat bencana pandemi Covid-19 pada era New Normal.

” Mentawai itu ada 4 Pulau besar, jadi perlu diterapkan aturan di masa New Normal itu”, tegas Serieli.

Serieli Bawamenewi, S.H, mengatakan, berdasarkan Surat Edaran Menteri Perhubungan Nomor SE 12 Tahun 2020, maka Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai mengeluarkan SE Nomor 360/351/BUP-2020,

” Aturannya tentang Kriteria dan Persyaratan Perjalanan orang Dalam Masa Adaptasi Tatanan Normal Baru, Produktif dan Aman Covid-19 di Kabupaten kepulauan Mentawai”,sebutnya.

Lanjutnya, demi kenyamanan bersama kita menghimbau agar semua lapisan masyarakat tetap mematuhi melaksanakan aturan ini.

” Kita patuhi aturan Prokes”, tegas Serieli.

“Kriteria dan persyaratan orang melakukan perjalanan pada masa tatanan Normal baru produktif dan aman Covid-19 yakni, meningkatkan penerapan prokes dalam kebiasaan baru bagi terciptanya kehidupan yang produktif dan aman Covid-19”, tambahnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mentawai Lahmuddin Siregar mengatakan, bahwa pihaknya sudah menyiapkan tempat beberapa pelayanan pemeriksaan kesehatan yang tersebar di beberapa Pulau yang ada di Mentawai.
Gunanya untuk mempermudah masyarakat apa bilah melakukan Rapid Test dan Swab khususnya yang akan melakukan perjalanan keluar.

“Kita sudah mempersiapkan beberapa tempat Layanan pengambilan Swab seperti di RSUD Tuapejat, Puskesmas Sioban, Mapaddegat, Puskesmas Muara Sikabaluan, Muara Siberut, dan Puskesmas Sikakap”, terang Lahmuddin.

Sementara, lanjut Lahmuddin untuk petugas pelayanan sudah bisa kita andalkan, karena sudah menjalani pelatihan dan pembelajaran terkait cara cara pengambilan Swab yang benar dan tepat..(delau)

 151 total views,  2 views today

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed