by

Gaji Linmas Desa Gunung Besar Lampung Belum Dibayar, Inspektorat ; Kita Turunkan Tim Pemeriksa

Lampung Utara, deteksionline.com—Adanya laporan masyarakat kepada pihak Kabupaten Lampung Utara terkait penggunaan anggaran Dana Desa oleh Pemerintah Desa Gunung Besar Kecamatan Abung Tengah Kabupaten Lampung Utara, membuat pihak Inspektorat Lampung Utara turun kelapangan melakukan pemeriksaan, Selasa (30/6/2020).

Melalui Irbanwil III Hairul Falla mengatakan, terkait laporan warga kami telah menurunkan petugas ke desa untuk melihat berkas administrasi dan fisik hasil pengerjaan sejumlah pembangunan yang menggunakan Dana Desa dan ADD.

” Kita sudah menuruntkan Tim kelapangan untuk memeriksa penggunaan Dana Desa oleh Desa Gunung Besar”, terang Hairul kepada Media, Selasa (30/6/2020).

Hairul menjelaskan, terkait penggunaan Dana Desa sepenuhnya harus digunakan untuk kepentingan masyarakat. Desa dilarang melakukan penyimpangan sekecil apapun, dana tersebut karena sudah ada ketetapan aturannya.

” Dana Desa sepenuhnya harus dipergunakan untuk kepentingan desa, tidak boleh ada penyimpangan karena ada aturannya”, katanya.

Kalaupun nanti ada pelanggaran, lanjut Hairul maka petugas tetap akan melakukan penanganan sesuai bentuk kesalahan yang dilakukan desa.

“Dilihat pertanggung-jawaban penggunaan Dana Desa dan Alokasi Dana Desa, kalau pelanggaran kita tindak”, tuturnya.

Kemudian kata Hairul, hasil kelapangan ditemukan ada beberapa pelangaran seperti Gaji Linmas tahun 2019 sebesar 20 juta rupiah yang belum disalurkan oleh pihak desa.

“Kita baru temukan satu pelangaran. Sebab tim masih bekerja di lapangan. Kemungkinan laporan baru akan diberikan setelah pemeriksaan selesai,” tambahnya.

Sementara itu warga pihak pelapor yang tidak mau menyebutkan namanya, mengakui memang pernah membuat laporan beberapa kejanggalan dana desa.

” Ada beberapa penggunaan dana desa tahun 2016 sampai 2019 yang diduga menyimpang”, terangnya.

Deteksi sudah melayangkan pesan kepada Kades Gunung Besar Pahrul Rozi, namun pihak Pahrul Rozi belum memberikan tanggapan..(darsani)

 27 total views,  2 views today

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed