by

Guna Mendukung Keselamatan Penumpang Alangkah Baiknya Pelaku Usaha Penerbangan Mengadaptasi HEPA

JAKARTA,deteksionline.com-Seiring dengan New Normal aktifitas harian sudah kembali berangsur normal walaupun dengan batasan-batasan yang diatur dalam protokoler kesehatan, kemudian aktifitas ini diikuti dengan mulainya aktifitas penerbangan domestik.

“Ada baiknya para pelaku usaha penerbangan mulai memikirkan untuk mengadaptasi teknologi High Efficiency Particle Filters (HEPA).yang pernah digunakan oleh pesawat Airbus A330-300 yang membawa rombongan dari Wuhan.” Ujar Sukiryanto Senator dapil Kalimantan Barat(Kalbar) dalam keterangan tertulis yang diterima deteksionline.com Sabtu,(20/6/20).

Sistim kerja HEPA ini menyaring serta membuat sirkulasi ulang dari kabin dan menyampurkannya dengan udara bersih, sebagian udara yang berasal dari dalam dibuang ke luar kabin.

Sementara sisanya dipompa melalui filter udara HEPA dan ini akan menangkap lebih dari 99 persen mikroba.

Untuk itu Kementerian Perhubungan diharapkan dapat melihat perkembangan teknologi ini atau yang sejenis guna mendukung keselamatan penumpang diluar dari protokoler kesehatan lain yang sudah ditetapkan.

Mungkin bisa dilihat efektifitas dari teknologinya, apabila memang efektif kemudian dari Kementerian Perhubungan bisa menghimbau kepada airlines untuk memanfaatkan teknologi tersebut dan bisa dimulai dari BUMN yang usahanya bergerak dipenerbangan.

“Hal ini mungkin akan menambah biaya bagi airlines, namun dapat meningkatkan keamanan dan kepercayaan bagi konsumen yang akan beraktifitas keluar daerah menggunakan transportasi udara.” Harapan anggota DPD RI dapil Kalbar.

Selain itu, melihat kembali tingginya aktifitas masyarakat kalbar, Ketua Umum IKBM Kalimantan Barat ini juga mengingatkan masyarakat agar tetap mengedepankan protokol kesehatan dalam menjalankan aktifitasnya seperti pemakaian masker, cuci tangan, menjaga kebersihan diri dan lainnya agar kita bisa sama-sama menjaga diri kita dari ancaman virus covid-19.

Dimanapun kita akan beraktifitas agar selalu membawa masker dan agar tempat-tempat pelayanan publik serta kantor-kantor menyiapkan tempat cuci tangan atau hand sanitizer.

Saya mendukung untuk masyarakat bisa kembali beraktifitas seperti semula namun tentunya dengan mentaati protokoler kesehatan.

“Protokoler ini jangan dianggap atau dijadikan beban oleh masyarakat, karena ini penting untuk ditaati guna meminimalisir penyebaran Covid-19 yang dimungkinkan lebih besar peluangnya seiring dengan kembalinya aktifitas masyarakat.” Tutup Sukiryanto.

Budi.Setiawan

 150 total views,  1 views today

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed