PN Jakarta Timur Lakukan Pemeriksaan Setempat Terkait Sengketa Tanah Proyek KACI Presiden Jokowi

  • Share

JAKARTA,deteksionline.com-Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Timur Jum’at (19/06/2020 ) melaksanakan Pemeriksaan Setempat terkait sengketa tanah antara Angkatan Udara Republik Indonesia (AURI) dengan 40 Kepala Keluarga pemilik lahan seluas lebih kurang 9 H di Cipinang Melayu, Jakarta Timur.

Pemeriksaan Setempat itu dihadiri para tergugat diantaranya AURI dan Mendagri, sementara Kementerian Agraria atau BPN mangkir dari persidangan.

Penasehat Hukum salah satu penggugat Prof L. Sadipun SH M.Hum merasa cukup puas atas terlaksananya Pemeriksaan Setempat tersebut.

Prof L Sadipun mengatakan, “Didalam pasal 27 UUD 45 ditegaskan bahwa segala warga negara bersamaan kedudukannya didalam hukum dan pemerintahan dan wajib menjunjung tinggi hukum dan pemerintahan dengan tidak ada kecuali,inilah dasar saya menggugat Pemerintah RI cq Presiden RI Joko Widodo”, imbuhnya, Jum’at (19/6/2020).

“Saya menggugat atas nama Bob Goldman dengan nomor gugatan 149/Pdt.G/2019/PN.Jkt-Tim terhadap Pemerintah dalam hal ini Presiden RI terkait pengadaan tanah bagi pembangunan Rel Kereta Api Cepat Indonesia (KACI) yang melintas diatas tanah milik Alm.Jhon Hendry Van Blommestein yang diidentifikasi dan tercatat sebagai akte Van Eigendom Nummer Verponding 6329/Doeratoes, ddo 27 November 1937 yang didasarkan atas Meet Brief (surat ukur) : penggugat Nummer 72,ddo 27 November 1934 atas nama NV Blomkring /Nji Mas Entjeh alias NJi Mas Siti Aminah alias Osah /Jhon Hendry /Van Blommestein /Nederlansche Indhie,” tuturnya.

Prof L Sadipun menambahkan, “saya gugat Presiden RI karena saya cinta dan hormat kepada beliau, jangan sampai nama baik Presiden dirusak hanya kepentingan bisnis sekelompok orang dan mengorbankan serta menyakiti hati rakyat Indonesia karena tanah milik rakyat yang digunakan kepentingan bisnis semata ini tidak dibayar, padahal Presiden selalu mengatakan,tanah yang digunakan kepentingan umum akan diberikan ganti untung, tapi dimana realisasinya?”, paparnya.

Sementara itu terkait Pemeriksaan Setempat yang dilakukan hari ini (Jumat red…) PN Jakarta Timur melalui Faisal mengatakan, “ini baru Pemeriksaan Setempat (PS) untuk memastikan objek yang sedang diperkarakan di PN Jakarta Timur, untuk saat ini kami belum dapat menarik kesimpulan apapun”, terangnya singkat.

Sementara Sersan Edi dari pihak AURI saat dimintai keterangan mengatakan, kami tidak dapat berkomentar apapun, silakan konfirmasi Puspen.

” Kami tidak berkomentar, silahkan ke Puspen”, terang Sersan Edi.

Begitu juga dengan pihak Kemendagri yang tidak berkomentar apa-apa saat dikonfirmasi terkait hal itu…(rukmana)

 1,257 total views,  1 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *