Polres Metro Jakbar Tangkap Terduga Pelaku Perampok Spesialis Minimarket

  • Share

JAKARTA ,deteksionline.com- Polres Metro Jakarta Barat menangkap lima tersangka dari enam orang spesialis perampokan minimarket, yang beraksi di kawasan Jakarta selama massa pandemi Covid -19. Dua pelaku di antaranya tewas ditembak.

Kawanan perampok ini menamai kelompoknya AKAP (antar kota antar provinsi) berjumlah 6 orang. Lima diantaranya, berhasil diamankan petugas berinisial, Sh alias Sl (31), Zd alias FH (25), Ah alias Ab ( 25 ), Rh alias HP ( 23 ), dan M alias S (21).

“Dua pelaku Rh alias HP bertugas selalu kapten dalam aksi perampokan, sedangkan M alias S yang membawa senjata api tewas ditembak karena melakukan perlawanan terhadap petugas. Sedangkan penunjuk jalan 1 orang DPO, masih dilakukan proses pengejaran,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus, Jumat, (5/6/2020).

Menurut Yusri, para pelaku rampok ini telah beraksi di empat TKP. Aksi TKP pertama sekira tanggal 20 Mei 2020 pelaku melancarkan aksinya di toko Indomaret kawasan Duren Sawit, Jakarta Timur. TKP kedua sekira tanggal 25 Mei 2020 di Indomaret Rich Palace Kembangan, Jakarta Barat.

“Selanjutnya TKP ketiga di Indomaret Taman Sari, Jakarta Barat pada tanggal 26 Mei 2020. Dan TKP terakhir di Alfamart Pesanggrahan, Jakarta Selatan pada 2 Juni 2020,” ujar Yusri.

Kemudian, Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Barat Kompol Teuku Arsya Khadafi menyampaikan pengungkapan kasus ini, berkat kerja keras team gabungan dari Satreskrim Polres Metro Jakarta Barat dan Unit Reskrim Polsek Metro Taman Sari.

Sebelum melakukan aksinya para pelaku ini jelas Arsya, terlebih dahulu mencari target lokasi yang ditentukan dengan cara masuk ke minimarket lalu berpura-pura sebagai pembeli.

“Dalam aksinya, pelaku selalu menggunakan jaket yang sama dengan logo khusus Band Punk, Bring Me Tones Horizon,” ucap Arsya.

Arsya akan melakukan koordinasi dengan pihak minimarket untuk meningkatkan penjagaan mandiri. “Koordinasi ini dilakukan, guna mencegah kejadian ini tak terulang lagi,” paparnya.

Dalam aksinya, kelompok ini menggunakan senjata api maupun senjata tajam, bahkan mereka tak segan-segan melukai korban saat beraksi.

Untuk diketahui sebelumnya, aksi perampokan yang terjadi di sebuah minimarket di Taman Sari Jakarta Barat viral di media sosial, terlihat seorang wanita penjaga minimarket ditodong oleh perampok pada selasa (26/5/2020).

Pelaku menodong penjaga minimarket dan meminta diarahkan ke brangkas toko. Para pelaku berhasil merampok uang senilai Rp18 juta dan berhasil melarikan diri.

Aksi perampokan terjadi pada pagi hari saat minimarket baru buka. Ada tiga orang pelaku yang melakukan aksi perampokan minimarket dengan membawa kendaraan satu unit mobil..(ulis)

 370 total views,  1 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *