by

Langgar PSBB, Ratusan Warga Desa Tuapejat Laksanakan Sholat Idul Fitri di Masjid

MENTAWAI, deteksionline.com-Ratusan warga masyarakat melaksanaan kegiatan Sholat Idul Fitri 1441 H di Desa Tuapejat Kecamatan Sipora Kabupaten Mentawai Sumatera Barat, Minggu (24/5).

Pantauan deteksionline.com, di lapangan banyak warga berdesak-desakan, ada juga yang tidak menggunakan masker.

Padahal Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai Yudas Subaggalet sudah mengeluarkan Surat Edaran no. 360/ 289 / bub-2020 Tanggal 20 Mei 2020 yang di kirim kepada seluruh  pengurus Masjid sekabupaten Mentawai.

Dan juga keputusan bersama Forpimda dengan Majelis Ulama Indonesia perwakilan Kabupaten Kepulauan Mentawai.

“Apalagi Pulau Sipora  adalah  zona merah Covid 19, khusus dua kecamatan di Pulau Sipora Kabupaten Kepulauan Mentawai adalah  Kecamatan Sipora Selatan dan Kecamatan Sipora utara, di himbauan kepada masyarakat agar beribadah dirumah saja agar melindungi masyarakat banyak dan mencegah bahaya Virus Covid19”, dikatakan Bupati saat conference pers di Aula kantor Bupati Kep.Mentawai, Jum’at (22/5).

Himbauan untuk melaksanakan Sholat Idul Fitri 1441 H juga disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kepulauan Mentawai, Lahmuddin, namun khusus Pulau Siberut dan Pulau Sikakap ada pengecualian dan itu juga harus ada rekomendasi dari Gugus Tugas.

“Dua Kecamatan pulau Sipora jelas zona merah ,oleh karena itu masyarakat Mentawai adalah garda terdepan untuk memutuskan matarantai Corona ,disiplin mengikuti protokoler PSBB dan Surat Edaran Bupati Yudas Subaggalet tersebut, jaga jarak dan gunakan masker saat keluar rumah”, jelas Lahmuddin.

Pantauan deteksionline.com dilapangan memang banyak masyarakat yang tidak paham tentang bahaya Covid19, masyarakat tidak mengerti apa itu penyebaran pandemi Covid-19.

Seorang bapak -bapak yang baru pulang ibadah Idul Fitri dari masjid Al Amin mengatakan, “saya baru pulang ibadah  di Masjid, soal Corona jangan  masyarakat di takut-takuti kita ini pasti mati juga, jangan mematikan ibadah masyarakat. Kalau saya melanggar aturan PSBB sama -sama juga, wartawan juga melanggar”, ucap Dia sambil tertawa dan menjalankan Motornya.

Sementara seorang tokoh masyarakat di Tuapejat  menyampaikan pada deteksionline.com, Tim gugus
Mentawai mulai lemah menegakkan aturan PSBB, sudah jelas ada Edaran Bupati.

“Bukan berarti  kita  mengitimidasi masyarakat tetapi untuk masyarakat kita kurang disiplin, protokoler PSBB mesti dipatuhi dan juga Edaran Bupati jelas melarang masyarakat berkumpul”, terangnya (meminta jangan ditulis namanya).

Sementara itu Novriadi Sekretaris Tim Gugus Tugas Kabupaten Mentawai sampai berita ini ditayangkan belum berhasil dikonfirmasi, walau deteksionline.com sudah berkali-kali menghubungi Novriadi melalui telepon..
(delau)

 563 total views,  1 views today

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed