FK BPD Sidoarjo Gelar Buka Puasa Bersama

  • Share

SIDOARJO,deteksionline.com – Forum Komunikasi Badan Permusyawaratan Desa (FK BPD) Sidoarjo gelar buka puasa bersama dan jalin silaturrahmi.Bertempat disalah satu kantor pengembang perumahan di Desa Kraton Krian Kabupaten Sidoarjo,Senin sore (18/05/20). Tampak hadir dalam  Kegiatan tersebut,Ketua FKBPD Sidoarjo Sigit Setiawan,S,Sos,SH dan beberapa pengurus FK BPD,juga membahas peduli pandemi virus Corona (Covid-19).Hal ini guna kordinasi dan meminta masukan dari setiap kecamatan.

Ketua Forum Komunikasi Badan Permusyawaratan Desa Sdioarjo (FKBPD)Sigit Setiawan kepada Deteksi Amunisi menyampaikan,Untuk kegiatan karena situasinya ini sedang PSBB dan anjuran pemerintah untuk physical distancing jadi kegiatan tidak bisa maksimal.Pengurus intim untuk melakukan kordinasi saja dibarengi dengan buka puasa bersama.Namun tetapi tidak semuanya pengurus,hanya sekitar 10 sampai 20 dan itu pun duduknya harus berjauh- jauhan dan dibatasi,ujar Sigit.

Kita mau meminta masukan dari setiap kecamatan itu perihal kondisi sekarang, masalah Covid -19,Selain itu juga saat ini masih termasuk penggunaan dana desa juga Bantuan Langsung Tunai (BLT.)Baik dari dana desa untuk penanganan Covid-19 atau dari dinsos,ataupun BLT dari kabupaten, propinsi, ataupun pusat,terang Sigit

Lebih jauh Sigit mengatakan untuk masalah Masyarakat yang belum mendapatkan bantuan saya akan tekankan untuk kordinasi terus dengan pemerintah desa.Karena bagaimana pun juga dengan dana desa yang ada dengan masyarakat yang harus mendapatkan santunan terdampak ini dananya cukup jauh banyak yang tidak tepat sasaran.

“Tidak bisa lagi ini ,sehingga mungkin ada skala prioritas untuk yang benar-benar orang memerlukan dulu, nanti selanjutnya yang terdampak lain yang masih mampu itu mungkin dari Dinsos atau dari propinsi,juga patut diperhatikan “tegas Sigit.

Terkait penggunaan dana desa yang ada payung hukum nya,yang jelas kita selaku BPD ya selalu melakukan tupoksinya sebagai BPD. Mengawasi juga,karena penggunaan anggaran itu tetap pada pemerintahan desa.

Untuk saat ini masa PSBB,kita imbau tetap yang utama yang paling penting kita selalu melakukan jaga jarak, physical distancing,jangan keluar kalau tidak penting banget, terus menggunakan protokol kesehatan.

“Keluar harus menggunakan masker,dan yang paling penting lagi pemerintah desa selalu mengedukasi masyarakat itu penting banget,karena selama itu tidak tereduksi banyak masyarakat yang tidak tereduksi masalah Covid 19.j”pungkas Sigit

Peduli Covid-19 dan Peduli Masa Depan Pemimpin Nol Rupiah

Senada dalam kesempatan yang sama,Winarno HD,S.T,SH,M Hum menyampaikan,Alhamdulillah paling tidak ada suatu moment yang dihadiri oleh teman -teman BPD untuk berbuka bersama.Paling tidak ada satu statmen yang sama,biasanya di situasi Covid -19 ini kita masih berperan.

Seperti kemaren ada eksen – eksen sosial termasuk seperti pada umumnya yakni,bagi masker,hand sanitizer,dan APD.

APD yang kita serahkan kepada warga, pengguna jalan.Sebagian kita serahkan ke desa-desa se Kecamatan Prambon,kita suplai ke balai Desa masing-masing.

“Ini bentuk kepedulian paling tidak juga berperan aktif lah dari Forum BPD,minimal kita ikut eksen.Ada kekompakan dan kesatuan pendapat antara kami paling tidak minimal kita tidak diam dalam situasi seperti ini,ungkap Winarno.

Selain itu dalam kegiatan ini salah satunya termasuk kita ada statment terkait nanti di 2020 itu,suksesi pilkada di Sidoarjo.Kita berharap BPD mengambil peran langkah yang aktif, kalau perlu dari tupoksi itu kita maksimalkan betul untuk mengawal supaya betul-betul nanti masyarakat menyampaikan kepada forum.Gimana kita memunculkan setiap BPD di masing-masing desa itu disatgas pemilu.

“Satgas pemilu yang betul-betul jurdil, pemilu yang betul-betul sesuai harapan kita bersama muncul seorang pemimpin, kalau perlu ada slogan dari kami gimana kita wujudkan pemimpin yang nol rupiah(tanpa politik uang),”tegas Winarno selaku penasehat (Biro Hukum BPD).

Winarno menambahkan, kita akan bentuk,dan musyawarah kan BPD. Kita fungsikan semua, karena kita mampu memfungsikan itu..(nug)

 663 total views,  1 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *