Naslindo Sirait Lakukan Survey Terkait Sikap Masyarakat dan Dampak Covid 19 di Mentawai

  • Share

MENTAWAI, Deteksionline.com- Kepala Bappeda Kabupaten Kepulauan Mentawai Naslindo Sirait, lakukan survey mengenai covid 19.

Survey tersebut untuk melihat respon dan dampak Covid 19 dan penerapan berbagai kebijakan pembatasan sosial untuk memutus rantai penyebaran Covid 19 di Kepulauan Mentawai.

Bappeda Kep. Mentawai, melakukan jajak pendapat dengan melibatkan responden yang berasal dari 10 kecamatan secara acak,terlihat respon masyarakat dimana 95,6 persen setuju dengan kebijakan pembatasan sosial yang dilakukan oleh pemerintah, dan hanya 4.4 persen yang tidak menyetujui kebijakan pembatasan sosial.

“Sikap masyarakat untuk mengikuti anjuran pembatasan sosial dengan beraktifitas dari rumah 16.3 persen masyarakat mengikuti anjuran pemerintah untuk tinggal di rumah, 33 persen masih keluar rumah saat belanja , dan 34.5 persen masih keluar rumah karena masih bekerja untuk mencari kehidupan,” kata Naslindo Sirait pada awak media deteksionline.com, Rabu (22/4/2020).

Untuk melihat tingkat pemahaman masyarakat dari penyelamatan Covid, 90.8 persen menjawab sudah memahami cara cara perlindungan diri dari Covid-19 dan 9.2 persen masyarakat menjawab belum memahami, hal ini sejalan dengan jawaban masyarakat terkait pertanyaan apakah masyarakat sudah mendapatkan sosialisasi tentang Covid 19, jawaban 92.3 persen sudah mendapatkan sosialisasi dan 7.7 persen yang belum mendapatkan sosialisasi sebutnya.

Apakah masyarakat sudah menggunakan masker saat keluar rumah, 75.5 persen sudah menggunakan masker, 13,1 persen menjawab kadang kadang dan 8.4 persen menjawab belum menggunakan masker. Sementara untuk melihat dampak dari Covid 19, 26,6 persen masyarakat menjawab pendapatannya tergangu/berkurang, 73, 4 persen masyarakat tidak terganggu pendapatannya.

Sementara untuk melihat kebutuhan masyarakat saat ini yang terganggu, 55,9 persen penduduk menjawab terganggu soal pemenuhan kebutuhan pokok, 36, 6 persen menjawab tidak mengalami gangguan, 2.7 persen menjawab tergangu untuk mememuhi kebutuhan alat alat kesehatan, obat dan vitamin dan 2.2 persen tergangu kebutuhan akan pasokan Gas dan BBM.Dan pada pertanyaan apa yang di harapkan oleh masyarakat kepada pemerintah saat kebijakan pembatasan sosial 36, 3 persen mengharapkan bantuan dari pemerintah baik sembako maupun bantuan sosial, 23 persen mengharapkan, ketegasan pemerintah dalam menjalankan pembatasan sosial dan 10.9 persen mengharapkan bantuan alat alat kesehatan dan perlindungan diri dari Covid..  T. Telaumbanua.

 540 total views,  1 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *