Diduga Minimarket Babel Mart Kedapatan Menjual Barang Kadaluarsa

  • Share

BELITUNG, deteksionline.com-UU Perlindungan Konsumen Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen Republik Indonesia menjelaskan bahwa hak konsumen diantaranya adalah hak atas kenyamanan, keamanan, dan keselamatan dalam mengonsumsi barang dan atau jasa; hak untuk memilih barang dan atau jasa serta mendapatkan barang dan atau jasa tersebut.

Namun Undang-Undang Konsumen tersebut diduga sengaja dilanggar oleh salah satu pemilik minimarket Babel Mart.

Hal itu diketahui berdasarkan pengakuan salah satu konsumen minimarket Babel Mart, kepada Deteksi Senin (13/4) di Tanjungpandan Belitung.

Apri (36) warga Tanjungpandan, Kamis (09/04/2020) membeli 3 bungkus saset Kopi Kapal Api yang beratnya 65g, namun sesampai dirumah diketahui bahwa Kopi yang dibeli itu ternyata sudah kadaluwarsa sesuai yang tertera pada petunjuk pada bungkusan tersebut.

” Saya membeli 3 bungkus Kopi saset, namun ternyata sampai dirumah, saya lihat kopi yang saya beli sudah kadaluarsa”, terangnya kepada Detiksi, Senin (13/4).

Kemudian atas hal itu Apri mengembalikan kopi yang kadaluarsa tersebut (9/4) kepada kasir minimarket berikut struk bukti pembelian kepada Babel Mart.

Sementara itu Kepala BPOM Kabupaten Belitung Singih Prabowo Adi mengatakan terkait kadaluarsa, Babel Mart yang terletak di Jalan Gatot Subroto itu pernah di temukan juga barang yang sudah kadaluarsa pada bulan April 2019.

” Tempohari BPOM Kabupaten Belitung juga pernah memberikan surat peringatan 1 kali terkait kadaluarsa, namun ini masih di temukannya juga, BPOM akan kami berikan pembinaan , ujar Singih Prabowo Adi, Senin (13/4).

BPOM Kabupaten Belitung akan melakukan pengecekan ke minimarker Babel Mart untuk menghadapi bulan suci ramadan agar konsumen merasa tidak di rugikan atas kelalaian pihak Babel Mart.

” BPOM akan melakukan pengecekan, apalagi menghadapi Bulan Puasa ini, jangan sampai konsumen dirugikan”, imbuh Singgih

Ia menambahkan, pihak penjual konsumen pun harus cerdas dalam mengecek kembali tanggal kadaluarsa atas barang belanjaan yang dibelinya.

“, Pihak pembeli itu harus teliti dalam membeli, selalu mengecek tanggak kadaluarsa atas barang belanjaannya”, terang Singgih kembali.

Sementara Owner Babel Mart VN saat di komfirmasi melalui pesan Whatsapp Senin (13/4), VN tidak membalas pesan yang dikirim. Namun sangat disayangkan VN memblock nomor dari Deteksi…(kandar)

 1,359 total views,  3 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *