Maraknya Tambang Pasir Ilegal di Jember

  • Share

 

JEMBER, deteksionline.com- Maraknya aktivitas penambang galian C yang di duga tanpa mengantongi izin (Ilegal) di Kabupaten Jember Provinsi Jawa Timur membuat masyarakat resah. Anehnya aktivitas tambang Pasir ilegal ini sampai sekarang masih beroperasi tanpa ada tindkan apa-apa dari pihak berwajib.

Salah satunya tambang Pasir ilegal yang ada di desa Karang Kedawung kecamatan Mumbulsari Kabupaten Jember Provinsi Jawa Timur.

Eko Budiyanto dari Lembaga Pemantau dan Bantuan Investigasi Tindak Pidana Korupsi (LPBI Investigator) Regional Jawa Timur menuding kegiatan tambang Pasir ilegal itu menjadi pemicu pencemaran polusi udara akibat debu tambang dan rusaknya infrastruktur jalan.

” Polusi udara itu menyesakkan pernapasan, sama dengan Corona juga menyesakkan pernapasan”, keluh Eko, Minggu (12/4).

Dia meminta kepada pihak aparat kepolisian agar tidak kompromi dengan penambang illegal yang tidak mengantongi izin, dan apalagi saat ini situasi sedang serius menangani Virus Corona.

“Kalau ada pertambangan galian C yang beroperasi, apalagi sekarang dalam situasi negara memerangi pencegahan Virus Corona (Covid 19) dan tidak memiliki izin maka saya harapkan agar pihak aparat kepolisian untuk bertindak tegas, apalagi sampai berdampak polusi lingkungan.” tegas Eko juga.

Eko Budiyanto

Menurut Eko Budiyanto, kegiatan tambang Pasir ilegal di wilayah Kabupaten Jember ini tidak bisa dibiarkan, aparat penegak hukum harus bertindak karena dampaknya sangat merugikan masyarakat.

“Ini tidak bisa dibiarkan, diduga telah banyak tambang diindikasi tanpa mengantongi izin, apa lagi tidak memperhatikan dampak lingkungan, soalnya sekarang pemerintah sedang memerangi pencegahan Virus Covid 19, yang sasaran virusnya pada saluran pernafasan, dan debu pertambangan juga sasarannya pernafasan.” ujar Direktur LPBI Investigator ini… (AP)

 1,205 total views,  1 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *