by

Alexander Fransiscus: Saya tak Pernah Lelah Perjuangkan Aspirasi Masyarakat

Alexander  ketika mengunjungi warga

JAKARTA, deteksionline.com- Anggota Komite II DPD-RI dapil Bangka Belitung (Babel) Alexander Fransiscus tak henti menyerap aspirasi masyarakat di daerah pilihannya kemudian memperjuangkannya di pusat agar aspirasi tersebut dapat terealisasi.

“Saya terus turun ke akar rumput dalam rangka menjalankan tugas dan fungsi (Tupoksi) anggota DPD RI sebagai mana mestinya. Ini yang saya lakukan untuk menyerap aspirasi masyarakat,” jelas Alexander Fransiscus kepada deteks- online, Senin (23/3/2020).

Aspirasi yang telah diserap tersebut bukan hanya sekadar ditampung danmenjadi catatan pribadinya. Aspirasi tersebut di bawa ke Senayan, dan di parlemen itulah aspirasi disampaikan kepada pemerintah untuk ditindak lanjuti.

Alex, panggilan pria asal Bangka Belitung ini, kini duduk di Komite II yang membidangi Kementerian Pertanian, Kementrian Kehutanan, Kementrian Kelautan, Kementrian PUPR dan Kementrian BUMN. Terhadap bidangnya ini, dalam rapat dengar pendapat, Alex kerap bersuara lantang. “Ya saya tidak akan pernah merasa lelah dalam memperjuangkan kepentingan masyarakat,” ujar Alex.

Sebelum ke Senayan, cerita Alex, dia pernah duduk sebagai Anggota DPRD Babel. “Dulu, saya bermitra kerja dengan dengan Kepala daerah dan dinas-dinas terkait. Kita bertugas membuat Perda (Peraturan-Peraturan Daerah) yang terkait untuk kepentingan masyarakat saya di dapil. Di DPD RI memiliki fungsi: Pengajuan usul, ikut dalam pembahasan dan memberikan pertimbangan yang berkaitan dengan bidang legislasi tertentu. Pengawasan atas pelaksanaan Undang-Undang tertentu,” urai Alex sambil menjelaskan tiap provinsi terdiri dari empat orang.

Salah satu tugas Alex di Senayan adalah membuat sebuah Rancangan Undang-Undang (RUU). “Kemudian usulan rancanagan yang kami buat bersama kawan-kawan di DPD RI diteruskan ke DPR RI yang menjadi acuan dan final di DPR RI apakah RUU tersebut dapat dijadikan sebuah Undang-Undang. Nantinya itu DPR RI yang mengesahkan,” jelasnya menjawab pertanyaan soal tugas seorang anggota DPR-RI.

 

Fungsi, Tugas dan Wewenang

Secara rinci, kemudian Alex menjelaskan soal fungsi, tugas dan wewenang anggota DPD-RI, yang menurutnya mengacu pada pada ketentuan Pasal 22D UUD 1945 dan Tata Tertib DPD RI bahwa sebagai lembaga legislatif DPD RI mempunyai fungsi legislasi, pengawasan dan penganggaran. Sedangkan tugas dan wewenang DPD RI adalah

1). Pengajuan Usul Rancangan Undang-Undang

2). Pembahasan Rancangan Undang-Undang,

3). Pertimbangan Atas Rancangan, dan Undang-Undang dan Pemilihan Anggota BPK

4). Pengawasan atas Pelaksanaan

“Tentu saja saya senang atas tugas fungsi dan wewenang yang diatur oleh UU tersebut. Tentunya, saya juga harus berterima kasih kepada masyarakat dapil saya yang masih mempercayai saya sebagai wakil daerahnya di Senayan. Amanah yang diberikan oleh masyarakat ini tentunya saya laksanakan. Saya mengemban tugas ini dan saya sebagai anggota DPD RI akan melaksanakan tugas sebaik mungkin,” tutur Alexander..

Bentuk Nyata

Sebagai bentuk nyata dalam mengemban tugasnya, Alex tak henti memperjuangan aspirasi masyarakat daerah ke Pemerintah Pusat. Seperti masalah tambang yang baru-baru ini menjadi isu hot di Provinsi Bangka Belitung yaitu PT Timah, yang pernah menjadi berita utama di media Amunisi.

“Masalah lainnya, yakni masalah Perkebunan yang terus saya perjuangkan harga harga Lada agar harga tersebut stabil yang pernah diangakat berita tersebut di koran Amunisi sebagai HL. Masalah lainnya masalah nelayan sehingga pemerintah pusat bisa memberikan solusi buat daerah. Pemerintah Pusat agar tau betul-betul jeritan suara hati masyarakat di Bangka Belitung.

Menyinggung soal keluarga, Alex mengatakan dapat membagi tugas dengan keluarga. Saat Alex bertugas di kantor di Gedung Parlemen Senayan dia fokus pada pekerjaannya. Di masa senggang atau libur, Alex menghabiskan waktu bersama keluarga. “Ada waktu khusus buat keluarga supaya tercipta kebersamaan dalam keluarga,” ujar penggemar olah raga renang, badminton dan bersepeda ini.

Bio Data

Nama                   : Alexander Fransiscus

Tempat Tgl Lahir   :Muntok,  4 April 1981

Anak ke 2 dari 5 bersaudara (Maria, Alexander, Susilia, Markus, SH, Yacub)

Nama  ibu              :Elizabeth

Nama ayah             : Eddy (Jok Liat)

Nama Isteri            :Temy

Nama Anak            : Ke1: Chelsea Alexander       ke-2 Cathleen Alexander.

Kesukaan             : Makan Nasi Goreng,Bak Mie ,ikan,Telor,Salat.

Motto                     :Saya Bisa terus memperjuangkan aspirasi masyarakat,dan Selalu dekat dengan  Masyarakat.

 

(budi setiawan)

 1,020 total views,  3 views today

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed