by

Sukriyanto Senator Kalbar : Lockdown Pastinya Sangat Berdampak, Arus Masuk Barang ke Daerah Pasti Terhambat

Oleh : Budi Setiawan

JAKARTA,deteksionline.com- Berikut Wawancara Khusus Via,WhatsApp, Kamis,(19/3). oleh Jurnalis,deteksionline/Majalah deteksi, Budi Setiawan, dengan H.Sukriyanto,S.A.g Anggota DPD RI dapil Kalimantan Barat ( Kalbar) yang Menjabat Sebagai Wakil Ketua Komite IV.

Tanya,.Menurut Pendapat Bapak Selaku Anggota DPD RI dapil Kalbar (Kalimantan barat).bagaimana pemerintah dalam menangani corona Covid-19 saat ini?..

Jawab,.Sekarang saatnya kita bersama-sama pemerintah untuk saling bahu-membahu memperkecil tingkat penyebaran COVID-19 ini. Pemerintah telah melakukan banyak himbauan dan panduan baik yang sifatnya preventif sampai dengan ketika seseorang telah masuk dalam pantauan (suspect). Jadi posisi saya dalam hal ini ingin mengajak masyarakat untuk terus mendukung apa yang menjadi kebijakan pemerintah.

Tanya,.Apa yang seharusnya dilakukan pemerintah dalam mengatasi wabah Virus corona ini?..

Karena ini virus baru, yang mana seperti kita ketahui bersama belum ada obatnya. Maka apa yang harus dilakukan pemerintah saat ini? Ya meminimalisir penyebaran dengan terus melakukan sosialisasi tentang COVID-19 ini. Tapi apapun yang dilakukan pemerintah untuk meminimalisir penyebaran tidak akan efektif tanpa ada kerjasama yang baik dari masyarakatnya. Kemudian pemerintah juga harus memantau rumah sakit khususnya swasta yang tidak melaksanakan protokol rujukan untuk pasien yang dinyatakan dalam pemantauan ke rumah sakit rujukan.

Tanya,.Apa yang harus dilakukan masyarakat dalam menghadapi wabah corona?..

Jawab,.Masyarakat harus tenang dan percaya kepada pemerintah, terus memantau berita dan kebijakan resmi pemerintah dan melakukan sesuai yang diarahkan. Masyarakat harus sadar bahwa virus ini menyebar sangat masif, jangan malu ketika mendapatkan indikasi terpapar virus ini, langsung periksa dan lakukan sesuai prosedur.Karena apabila kita menutupi akan berdampak lebih besar lagi, sayangi keluarga anda, sayangi tetangga anda.

Tanya,.Apa pemerintah menetapakan masa darurat bencana corona sampai 29 mei apakah sudah tepat?..

Jawab,.Karena masifnya penyebaran virus ini, sudah selayaknya menetapkan ini sebagai darurat bencana, kemudian pemerintah daerah setempat juga harus segera menetapkan status siaga atau tanggap darurat sehingga masing-masing dapat melakukan tindakan sesuai dengan status daerahnya.

Tanya,. Bagaimana menurut bapak apa dampak corona terhadap kehidupan sosial dan ekonomi?..

Jawab,.Tentunya yang bersifat masif pasti akan berdampak kepada kehidupan sosial dan ekonomi, dan ini juga dapat kita lihat ke negara yang sudah duluan terdampak. Oleh karena itu, masyarakat harus tetap tenang.

Tanya,.sampai hari ini sdh ada 11 negara melakukan lockdown, apakah Indonesia perlu melakukan hal yang sama?..

Jawab,.Tentunya pemerintah telah menghitung dampak lanjutan dari lockdown tersebut apabila diterapkan. Sudah sangat bijak apa yang telah dilakukan pemerintah pusat saat ini dengan membatasi aktivitas masyarakatnya. Tidak terpengaruh dengan langkah-langkah yang diambil oleh negara lain yang mana masing masing memiliki kekuatan infrastruktur ekonomi yang berbeda.

Tanya,.Kalau melakukan lockdown bagaimana dampak terhadap pertumbuhan ekonomi indonesia?..

Jawab,.Pastinya sangat berdampak, dengan lockdown pertama arus masuk barang terhambat dan ini juga menjadi resiko inflasi, belum lagi kepanikan di pasar keuangan. Sehingga lockdown harus menjadi opsi terakhir.

Tanya,.Closing Stetment Solusi Apa yang tepat untuk Mengatasi Persoalan Bangsa terkait Virus Corona?..

Jawab,.Jangan termakan berita hoaks, percayakan kepada pemerintah, selalu memantau berita resmi dari pemerintah, melakukan himbauan dan kebijakan dari pemerintah untuk meminimalisir penyebaran virus, apabila terindikasi terpapar virus segera ke rumah sakit rujukan.

272 total views, 1 views today

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed