by

HJ Endang Maria Astuti Gelar Acara Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di Sragen

SRAGEN,deteksionline.com-Anggota DPR RI Hj.Endang Maria Astuti, Sag, SH, MH mengelar acara Sosialisasi 4 pilar kebangsaan yang di gelar pada hari, Selasa,(11/02/2020) di Aula Rosojoy 2 Sragen, Jawa Tengah.

Hadir dalam sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan itu beberap organisasi masyarakat (Ormas) di Sragen Jawa Tengah, di antaranya, FKPPI, Karang Taruna, Pelajar, perwakilan Mahasisiwa dan beberapa perwakilan ke Agamaan.

Dalam paparannya, Hj Endang Maria Astuti menekankan bahwa Empat Pilar Kebangsaan yaitu Pancasila, UUD 1045, NKRI, Bhenika Tunggal Ika harus benar dijalankan.

“Empat Pilar Kebangsaan itu yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI, Bhineka Tunggal IkA harus benar-benar kita jalankan dalam kehidupan sehari-hari”, tegasnya.

Lebih lanjut, dengan segala kemajemukan dan ke aneka ragam mulai dari bahasa, agama, adat istiadat. budaya dengan wilayah beragam kekayaan  Pulau-Pulau, tentu nanti kita akan menjadi bangsa yang  besar,.pilar-pilar itu akan membuat kita menjadi bangsa yang kokoh dan mamou mencegah segala bentuk ancaman.

“Amanah baru Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (MD3) Yang Menugaskan setiap Anggota DPR/MPR RI untuk melakukan Sosialisasi di daerah pemilihan. Sebagai Anggota DPR/MPR RI kami wajib melaksanakan kegiatan ini dengan tujuan memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang nilai-nilai yang terkandung didalam Empat Pilar yaitu Pancasila, Undang-Undang Dasar1945, NKRI, Bhinneka Tunggal Ika,”ucapnya.

Ia melanjutkan, mengamalkan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945 didalam kehidupan sehari-hari adalah kewajiban kita dan dengan Empat Pilar Kebangsaan, kita mampu melindungi, merawat dan mempertahankan negaranya.

” Dengan Empat Pilar Kebangsaan, kita mampu melindungi, merawat dan mempertahankan negaranya. Pilar-pilar berbangsa dan  bernegara harus bisa di fahami oleh segenap bangsa kita, sehingga tidak mudah rapuh dan hancur oleh Narkoba dan Pornografi pada perkembangan zaman,” tuturnya kepada Peserta.

Apa yang dimasud dengan Empat Pilar ( pertanyaan peserta sosialisasi),  Empat Pilar Kebangsaan adalah tiang penyangga yang kokoh agar rakyat Indonesia merasa nyaman, aman, tenteram dan sejahtera serta terhindar dari berbagai macam gangguan dan bencana.

” Empat Pilar adalah tiang penyangga suatu bangunan agar bisa berdiri secara kokoh. Bila tiang rapuh maka bangunan akan mudah roboh. Empat Pilar disebut juga fondasi atau dasar yang menentukan kokohnya bangunan suatu bangsa”, terang Bu Endang

Apa saja jenis-jenis  ancaman yang bisa  meruntuhkan pilar bangsa?, tanya peserta lagi.

Endang Maria Astuti menegaskan, ada yang membawa agama digunakan untuk menyebarkan kebencian pada sesama pengikut agama, tindakan kekerasan itu melanggar hak umat beragama yang lain untuk mengungkapkan keberagamaan mereka.

” Ada yang membawa agama untuk menyebarkan kebencian, dalam hal itu ia sudah melanggar Pancasila, khususnya Ketuhanan yang Maha Esa. Maka kerukunan umat beragama terancam. Siapa saja dari rakyat Indonesia yang terancam, akan balik menyerang, sehingga keutuhan NKRI juga terancam. Indonesia itu terdiri dari berbagai sukubangsa, ras, agama, dan kepercayaan. Memusuhi siapa pun di antara rakyat Indonesia karena agamanya adalah tindakan yang mencabik-cabik Bhinneka Tunggal Ika”, tutupnya..(budi setiawan).

1,105 total views, 1 views today

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed