Budiyanto Ssos MH ; Potensi Dampak Hujan Terhadap Kemacetan yang Berkepanjangan

  • Share

JAKARTA,deteksionline.com-Pemerhati Transportasi Budiyanto Ssos MH menjelaskan bahwa Hujan berkepanjangan bisa menyebabkan kemacetan. Sekarang kita dihadapkan pada musim penghujan, yang secara otomatis akan memperparah
situasi kemacetan karena problem dampak curah hujan tersebut.

“Dampak curah hujan akan mereduksi ruang lalu lintas yang berkembang secara dinamis tergantung sinergitas pola penanganan yang dilakukan oleh pemangku kepentingan yang bertanggung jawab di bidang lalu lintas & angkutan Jalan serta partisipasi masyarakat dalam memberikan kontribusi mengurangi beban ruang lalu lintas”, ungkapnya kepada deteksionline, Sabtu (8/2) di Jakarta.

Menurut Budiyanto, beban lalu lintas yang dapat mengurangi atau mereduksi kapasitas jalan walaupun sifatnya sangat dinamis antara lain:

“1.Jalan licin dan jarak pandang yang terbatas.Akibatnya pengendara kendaraan bermotor memperlambat kendaraan ,dan secara otomatis akan mempercepat menumpuknya kendaraan pada ruas-ruas pennggal jalan yang menjadi akses utama.

2.Menggunakan fasiltas
ruang dibawah Jembatan/ Under pass.
Situasi yang tercipta secara spontan oleh pengguna jalan untuk berteduh pada saat hujan turun dgn berbagai alasan subyektif yang berdampak kepada terganggunya situasi keamanan, kelancaran dan keselamatan lalu lintas, dan pemandangan ketidak tertiban/ semrawut sekaligus mencerminksn kualitas disiplinan pengguna Jalan.

3.Genangan air pada ruas penggal jalan tertentu, situasi ini secara otomatis akan membangun Mind set / pola pikir pengguna jalan untuk mencari akses jalan yang termudah, aman, sehingga terjadi proses traffic engenering secara spontan.

4.Belum cukupnya fasilitas bagi pengguna jalan untuk berteduh saat hujan.

5.Pemantauan petugas kurang maksimal karena keterbatasan personil, sarana & prasarana.

6.Terbatasnya sarana & prasarana yang dapat memberikan info secara riel time kepada pengguna jalan tentang dinamika perkembangan situasi jalan selama hujan”, ungkapnya.

Ia melanjutkan, gambaran situasi seperti ini mengingatkan kepada kita semua terutama para pemangku kepentingan yang bertanggung jawab di bidang lalu lintas & angkutan Jalan, untuk memberikan solusi yang cepat sebagai bentuk pengayoman dan pelayana kepada masyarakat sehingga tidak menimbulkan dampak kemacetan yang berkepanjangan.

“Langkah dan solusi yang tepat antara lain :
1.kesadaran masyarakat untuk berlaku tertib dan mematuhi tata cara berlalu lintas yang benar ( tidak berteduh dibawah jembatan, disiplin dan menyampaikan info kepada petugas apabila ada hambatan atau kendala ).

2.Persiapan Renc Traffic Engenering pada saat situasi hujan.

3.Persiapkan sarana & prasarana yang memadai untuk antsipasi saat hujan dan kemungkinan dampaknya.

4.Penyiapan tempat- tempat untuk berteduh saat hujan.

5.Berikan informasi berkaitan dengan perkembangan situsasi lalu lintas saat hujan dan dampak yang mungkin akan terjadi.

6.Persiapkan langkah – langkah darurat untuk untuk antisipasi kemungkinan yang akan terjadi,mobil mogok, genangan air, pohon tumbang, peralatan rekayasa
lalu lintas dan posko- posko pemantauan”, katanya.

Budiyanto ingatkan, hal ini dapat berjalan dengan baik, apabila mampu dibangun sinergitas & integrasi sesama baik pemangku kepentingan yang bertanggung jawab dibidang lalu lintas & seluruh komponen masyarakat.

” Pada prinsipnya bahwa setiap warga negara berhak untuk keikut sertaan dalam penyelenggaraan masalah lalu lintas & angkutan Jalan. Situasi ini dapat disinergikan terhadap langkah-langkah yang disiapkan oleh pemangku kepentingan secara proporsional sesuai tupoksinya dan kapasitas tanggung jawabnya”, tutupnya…(ulis)

 1,471 total views,  1 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *