Forkopimka bersama warga dan dinas terkait Bersih-bersih Sungai Kedungbanteng dan Banjarasri,Tanggulangin.

  • Share

SIDOARJO,deteksionline.com – Banjir yang menggenagi dua desa, yakni Desa Kedungbanten dan Banjarasri, Kecamatan Tanggulangin dalam beberapa hari ini yang masih belum surut, membuat Wabup Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin selaku Plt. Bupati Sidoarjo mengupayakan langkah alternatif dengan memerintahkan Dinas PU BM SDA untuk melakukan penyedotan.Nampaknya ditindak lanjuti oleh Forkopimka Tanggulangin dengan melaksanakan giat bersih-bersih sungai. 

Upaya ini dilakukan agar aktifitas sekolah di SMPN 2 Tanggulangin, di Desa Kedungbanteng segera berjalan normal, termasuk aktifitas warga di dua desa hingga saat ini masih terganggu. Meski tidak ada warga yang mengungsi, hal ini sudah dilakukan beraih-bersih sungai dan lingkungan sekitarnya,  Selasa (28/1/20).

Camat Tanggulangin Sabino Mariano kepada wartawan mengatakan, kecamatan, desa, element masyarakat, relawan, karang taruna, teman-teman dari minarak itu sudah gabung di kita semua, LSM  juga gabung kita di sini. Dan hari ini semua komponen masyarakat, lazisnu semua hadir disini.

“Jadi harapan kami dengan ini kita lakukan edukasi juga buat masyarakat, bahwa memang kepentingan menjaga kebersihan lingkungan memang penting,tegasnya

Dan perlu diketahui aliran sungai ini mengalami pendangkalan, jadi nanti setelah ini kami akan  melakukan komunikasi dengan OPD-OPD terkait untuk melakukan normalisasi.Hari ini tidak bisa di lakukan normalisa, tetapi pinggir-pinggir kali sudah kami lakukan pembersihan, minimal ada akses untuk alat berat agar bisa masuk disini.,beber Camat.

Kemarin teman-teman dari OPD terkait masih melakukan penyedotan air dikedung peluk dan sudah mengurangi genangan air, tapi belum signifikan, artinya ini masih ada dampak dari air pasang jadi harapan kami upaya dinas PU pun sudah dilakukan dan mudah -mudahan segera teratasi,tutup Camat.

Senada Kapolsek Tanggulangin Kompol Hardyantoro mengatakan,ini sinergitas antisipasi potensi kerawanan gangguan kamtibmas di wilayah Tanggulangin salah satunya banjir. Khususnya Kedungbanteng dan Banjarasri,

Kita dan forkopimka bersama Danramil yakni membantu kesulitan warga dalam hal ini terkena  banjir untuk bersihkan lingkungannya,terang Kapolsek dan Danramil yang turut hadir dalam giat bersih-bersih sungai bersama anggota Polsek 20 personil, koramil plus dr Kodim 60 personil.

Dengan  kegiatan karya bakti atau kerja bakti kita bisa guyub rukun dilingkungan,dan memberukan edukasi kepada warga agar bisa merubah pola pikir untuk tidak membuang sampah sembarangan termasuk ke sungai, kerena salah faktor penyebab banjir sampah di sungai,tutup Danramil Kapten Karyo Edy.

Sementara salah salah  warga desa Kedung banteng Maryam rt 5 rw 2 mengatakan senang dan terbantu dengan kegiatan ini, karena banjir sudah berhari hari masih belum surut,Dan biasanya setiap tahun ada pengerukan sungai dengat alat berat.

Hadir dalam kegiatan, Tagana, puskesma, ILS,  DLHK, PU BM SDA,, Karangtaruna, Lazisnu, Lazismu, Kokam, Satpol pp Kecamatan, 6 kepala desa dan warga desa Ngaban, Kalidawir, Putat, Banjarasri, Banjarpanji, dan dinas Sosial…(nug)

 2,513 total views,  1 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *