by

Sidoarjo Apel Siaga Tanggap Bencana

SIDOARJO,DETEKSIONLINE.com: Hujan lebat di sertai angin kencang dan memgakibatkan puting beliung yang beberapa waktu lalu terjadi di beberapa daerah di Kabupaten Sidoarjo mendapat perhatian serius dari pemkab Sidoarjo.Hal ini terlihat dengan digelarnya apel kesiap siagaan tanggap bencana mengantisipasi potensi terjadinya bencana alam musim hujan. 

Apel siap siaga tanggap bencana dipimpin Wakil Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin di Alun-alun Sidoarjo Jumat (10’1’20) dan menampilkan alat kelengkapan guna menanggulangi bencana di Sidoarjo.

Wabup Nur Ahmad Syaifuddin  Danrem 084/BJ.Kolonel Inf. Sudaryanto, Dandim 0816 Lerkol Inf. Mohamad Iswan Nusi, paska Apel siaga tanggap bencana kabupaten Sidoarjo Jumat (10/1/20) di Alun-alun Sidoarjo dan tinjau peralatan.

Wakil Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin mengatakan,kegiatan hari ini merupakan seluruh rangkaian,dari pada kesiapan kita untuk mengantisipasi adanya bencana. Baik bencana air ataupun dari puting beliung dan sebagainya.Jadi langkah ini sebagai langkah persiapan antisipasi seperti itu, sehingga kita bisa mengecek kesiapannya sampai dimana dari instansi apa saja.Nantinya apabila sudah terjun pastinya akan bertanggung jawab.Dan kami kira ini nanti akan di teruskan dengan kegiatan –kegiatan yang lain karena harus bisa mempunyai skil di dalam pasal penanganan  bencana ini yang utama adalah para petugas,kita semua. Yang kedua juga masyarakat harus di berimasukan, motifasi dan pelajaran agar mereka juga tahu kalau terjadi banjir apa yang harus mereka lakukan itu penting, karena apabila kita tidak mengetahui maka dampaknya itu akan lebih luas dan secara kuantitas dan kwalitas itu akan meningkatkan kejadian.

‘’Untuk itu kegiatan ini sangat bagus sekali yang diprakarsai oleh Angkatan Darat dan kita semua ikut hadir bersama – sama, jadi bila ada musibah kita harus saling bergandeng tangan, bersinergi. Bukan hanya bersinergi, berkolaborasi secara langsung. Sehingga dampak dari bencana itu nantinya kita atur seminim mungkin, yaitu tujuan dari pelaksanaan ini, “jelas wakil Bupati yang biasa disapa Cak Nur.

Danrem 084 /Bhaskara Jaya Kolonel Inf.Sudaryanto dihadapan puluhan wartawan menyampaikan,Jadi yang sudah di sampaikan  oleh pak wakil Bupati tadi, ini adalah apel kesiapan.Mungkin yang akan kita lihat sumber daya yang ada di wilayah apa saja, itu baik dari  segi manusianya yang akan melakukan  pekerjaan kegiatan terjadi bencana, kemudian peralatan yang ada. Jadi kita lihat apakah alat ini sudah siap, ada hal-hal alat-alat yang masih kurang nanti akan kita upayakan untuk pemenuhannya.”Dan nanti akan kita lihat bahwa ancamannya untuk bencana yang ada di Sidoarjo  itu apa sih. Nanti apabila dilihat aspek ancaman itu butuh peralatan khusus semaksimal kita upayakan untuk penanganannya,” ujar Danrem.

‘’Semua unsur dilibatkan ada TNI, Polri,dari pemerintah daerah, kemudian dari Basarnas, semua element masyarakat kita libatkan semua. Karena tadi sudah disampaikan oleh  wakil Bupati penanganan bencana ini adalah kegiatan tidak kita laksanakan untuk sendiri,jadi kita harus berkolaborasi, bersinergi bersama-sama untuk bisa mengatasi bencana yang ada di wilayah Sidoarjo khususnya di sini,” tegas Kolonel Inf.Sudaryanto.

Sementara Dandim 0816 Sidoarjo Letkol Inf.Mohamad Iswan Nusi juga menyampaikan,kita sudah menyiapkan alat angkut, personil, meterial,kemudian mesin senzo, tenda dan lain sebagainya. Yang paling penting dan utama tenda untuk alat evakuasi dan untuk dapur sudah kita siapkan. Posko utama kita tetap berada di lingkupnya BPBD tetapi untuk posko tisnya itu ada di tiap – tiap kecamatan.

“Kami sendiri  ada di tiap – tiap kecamatan  untuk  jajaran koramil sudah memiliki posko bencana, sudah kami cek di 18 titik.kemudian hasil rapat dengan BPBD terakhir yang di selenggarakan kemarin sore satu hari sebelumnya, kita kemarin mengintruksikan agar digabungkan menjadi satu di tiap Kecamatan terus ada posko,”terang Iswan.

‘Ini mempercepat dan alat -alat yang ada seperti  senzo khususnya sudah disosialisasikan.(Nug)

267 total views, 1 views today

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed