by

Pelestarian Seni dan Budaya Minang Melalui Lomba Lagu

JAKARTA, DETEKSIONLINE.Com- Lomba lagu Minang yang untuk pertama kali diadakan di anjungan Sumatera Barat (Sumbar) Taman Mini Indonesia ( 30/11/2019) lalu telah mengumumkan pemenang.

Kepala Penghubung Sumbar Andre Setiawan STP, MPA kepada Amunisinews.co.id dan deteksionline.com menagatakan lomba lagu minang ini merupakan pelestarian budaya Minangkabau. Dua unsur pelestarian budaya yang perlu diketahui yaitu kesenian dan budaya.

“Nah,melalui lomba lagu Minang ini upaya dari Badan Penghubung Sumbar bagaimana melestarikan lagu lagu Minang dan Sumatra Barat bisa dikenal oleh tidak  hanya perantau dari Sumatra Barat saja tapi bisa dikenal oleh  masyarakat luas di luar perantau Minang yang ada se-Jabodetabek,” ujar Andre Setaiawan.

Kemudian, katanya,  kita juga  ingin melihat seberapa besar bibit bibit penyanyi Minang Sumatra Barat se-Jabodetabek karena selama ini jarang muncul penyanyi Minang.

“Dengan kita fasilitasi untuk mengembangkan bakatnya penyanyi penyanyi Minang ini dan pemenangnya nanti bisa kita ikutkan  kembali apabila ada lomba lagu daerah skiala Nasional yangg di selenggarakan oleh Management TMII.dan diharapkan pemenanglomba ini bisa mewakili Sumatra Barat dalam lomba lagu daerah itu,” harapnya.

“Inilah harapan kita kedepanya tidak hanya memperkenalkan dan melestarikan tapi juga ikut mempromosikan dan mempasilitasi para penyanyi Minang khususnya penyanyi penyanyi muda bisa terus aktif melestarikan lagu Minang walaupun berada di luar Sumatra Barat,” imbuhnya.

Dalam kegiatan ini memang panitia menyediakan Penghargaan berupa Piagam trofy dan uang tunai.

Itu tidak hanya untuk juara satu dua dan tiga saja tapi juga diberikan kepada juara harapan.

“Kita menghargai dari apa yang telah mereka tampilkan, jangan melihat dari nilai uang yang di berikan kepada setiap pemenang tapi ini merupakan penghargaan dari Pemrov Sumatra Barat untuk para seniman seniman Khususnya penyanyi penyanyi Minang walaupun berada di luar Sumatra Barat tapi tetap mencintai seni dan budaya  Sumatra Barat khususnya lagu lagu Minang,” kilahnya.

Pimpinan Anjugan Sumbar TMII  Desramardanus S.Sos Juga mengatakan bahwa di bulan Desember sampai pergantian tahun dalam rangka penyanbutan tahu baru 2020 banyak kegiatan di Anjugan Sumbar Tmii.

Salasatunya di tanggal 7 dan 8 .2019 ada Menangkabau Pestival Marandang yang akan di ikuti oleh setiap anjungan daerah sekitar 33 anjungan daerah yang akan mengikutinya.dan anjungan Sumbar menjadi Penyelenggaranya.

Anjungan Sumbar tidak boleh ikut hanya menjadi penyelenggara buat anjungan daerah lainya.

Di Minang Pestival Marandang ini semua fasilitas dan kelengkapan Mulai dari alat-alat  sampai bumbu di sediakan oleh penyelenggara peserta tinggal datang dan ikut lomba saja.

Dan juga akhir tahun penyambutan tahun baru 2020 selalu rutin di adakan Penyambutan tahun baru mulai dari pagi sampai pergantian tahun.

“Biasa nya di malam tahun baru kami mengadakan seni dan budaya seperti tari tarian  dan lain-lain<’ ujarnya sambil mengatakan juga akan ambil bagian dari Padang Panjang untuk mengisi acara malam tahun baru.

:Itu telah terkonfirmasi jauh-jauh hari. Ada  juga dari  yayasan anak  Indonesia dari Sumatra Barat akan mengisi malam tahun baru 2020,” katanya.\

Staf Ahli Anjungan daerah TMII Gunawan Wibisono yang mewakili Direktur TMII  mengatakan.dengan di adakannya lomba lagu Minang yang pertama kalinya ini adalah bentuk dari apresiasi daerah untuk mengenalkan kesenianya untuk menuju apa yang di inginkan.

Pertama kali diadakan  sudah lebih dari 20 Peserta yang ikut . “Ini merupakan  antudias  masyarakat  pecinta lagu lagu Minang ini  sangat diperlukan sekali karena perlu ada regenerasi, di zaman  milenial ini perlu pembinaan pembinaan lagu lagu Minang ini. Apalagi nanti pemenang dari lomba ini  lagu Minang ini akan di bawa kelomba parade  lagu daerah TMII  tingkat Nasional. Hampir setiap tahun diadakan lomba Parade lagu daerah TMII.Pesertanya tidak kurang dari 15 anjungan daerah,” katanya. .

 

 

456 total views, 1 views today

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed