Close

JAKARTA, DETEKSIONLINE.com- Ketua DPW Keluarga Besar Rang Chaniago (KBRC)  Jabodetabek H.Asmi Chaniago SE mendapatkan mandat dari DPP KBRC untuk pembentukan DPW di Jabodetabek dengan musyawarah dan mufakat.

 

“Dalam pembentukan DPW ini, saya sebagai ketua DPW Jabodetabek dan diadakan  Pengukuhan dan Pelantikan di TMII pertengahan 2018 lalu,” ujar  H Asmi Chaniago kepada Amunisinews.co.id dan Deteksionline.com, kemarin, memaparkan sejarah singkat KBRC di Jabodetabek.

Di Ranah Minang, kata H Asmi, ada sekitar 15 Suku dan setiap suku itu ada Rajo/Datuknya dan Suku Chaniago ini termasuk suku yangg tua yang ada di Ranah Minang.

“Rata rata Rang Minang khususnya Rang Chaniago ini selalu pergi merantau meninggalkan kampung halaman dengan tujuan mengubah nasib di perantauan. Dengan begitu banyak Rang Chaniago di wilayah jabodetabek ini maka dengan niat yang baik kami berusaha untuk  menyatukan Rang Chaniago ini di seluruh Jabodetabek dan Mendapatka respon yang positif dari semua sesepuh dan ninik mamak Rang Chaniago biar di perantauan kita selalu bersatu dan tetap selalu menjalin talisilaturahim,” imbuh H Asmi .

“Setelah satu tahun berjalan semenjak diadakan pengukuhan dan pelantikan alhamdulillah kami bisa melaksanakan ulang tahun pertama di bulan Agustus 2019.yaitu diadakan di Grand Hotel Cempaka  Jakarta Pusat Alhamdulillah acara ulang tahun ke 1 atau Baralek gadang Rang Chaniago sukses dan semakin banyak dukungan dari Dusanak Ninik mamak Chaniago untuk bisa selalu mensosialisasikan KBRC jabodetabek,” jelas H Assmi.

Pembentukan DPD

Di sela sela erbincangan  wakil Humas KBRC Jhoni Chan Juga mengatakan Bahwa sedang di adakan sosialisasi ke semua wilayah se- Jabodetabek untuk pembentukan DPD KBRC seperti DPD Bekasi,Bogor,Depok,Jakarta Utara,Jakarta Selatan,Jakarta Barat,Jakarta Timur,Jakarta Pusat dan juga termasuk Tangerang.

Dengan adanya DPD DPD inilah, ujar Johni Chan  kita akan bisa selalu memantau keberadaan Rang Chaniago se- Jabodetabek dan tidak mungkin DPW KBRC bisa berjalan maksimal tanpa adanya DPD DPD nya.

“Kita tetap berpegang dengan motto yg kita suarakan saat Ultah ke 1 di grand hotel Cempaka yaitu Mangumpuahkan Nan Taserak Manjalin Raso Badusanak , dengan arti Menyatukan yang terpisah pisah dan mengikat Rasa Persaudaraan Satu suku Chaniago.

Menurut Johni, terget sebelum Bulan Ramadhan  tahun 2020 semua DPD KBRC terbentuk dan InsyaAllah sebelum Puasa suda di kukuhkan dan dilantik Kepengurusan DPD DPD KBRC-nya.

Sementara itu, Ketua DPW KBRC Jabodetabek menambahkan bahwa  program program yang segra di jalankan yaitu utama Penyaluran Beras ke setiap rumah Mmakan Rang Chaniago yang tersebar se- Jabodetabek.

“Dan pada Intinya kita utamakan sosial ketika ada dusanak kita Rang Chaniago yngg sakit yang dirawat yang butuh uluran tangan kita, kita bisa saling mengetahui saling membatu atas dasar kebersamaa badusanak rang chaniago begitu pula yg ada mengadakan pesta kita bisa sama menghadiri dengan begitu terlihatlah rasa persaudaraan sesuku Chaniago se- Jabodetabek ini.

Wakil Sekretaris DPW KBRC Jabodetabek  Yasirman Tarmizi SE mengatakan target KBRC jabodetabek setahun kedepan adalah
1.Pemantapan Pengurus Kbrc jabodetabek, 2.Pembentukan dpd kbrc Sejabodetabek, 3.Menjalankan Iuran Bulanan, 4.Sekretariat
5.Pendaftaran dan Pembuatan KTA   bagi anggota KBRC, 6.Menjalankan agenda bulanan atau perdua bulanan dan 7.Unit Bisnis KBRC.

“Harapan kita Kbrc (Keluarga Besar Rang Caniago) selalu bersatu dan tetap terjalin talisilaturahmi di antara kito walaupun kita sama sama sibuk,” kata Yasirman.m(syafrigon)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll UpScroll Up
Share this product!