Close

SUNGAILIAT,DETEKSIONOINE.com- Proyek Jalan pemeliharaan berkala Sungailiat-Bakam di Kecamatan Pemali Kabupaten Bangka yang di kerjakan oleh PT Lembawai Indah Makmur Tahun Anggaran 2019, dari dana bantuan DABA (Dak Bantuan) Kabupaten Bangka dengan bantuan pembayaran Rp3.436.552.000,00, – kembali menuai kritikan dari warga Desa Penyamun Kecamatan Pemali Kabupaten Sungailiat, Bangka.

Pasalnya warga Desa Penyamun, Pemali setiap hari disuguhkan oleh pemborong jalan dengan debu Agregat karena pemborong jalan itu tidak mau menyiram jalan yang belum di aspal itu dengan Air.

Seperti penuturan Yanto warga Desa Penyamun saat ditemui dilapangan.

” setiap hari kami menghirup debu ini, sampai masuk ke pekarangan rumah dan juga kedalam rumah, perabotan rumah kami dipenuhi debu semua”, ujar Yanto warga Desa Penyamun kepada Deteksi Online, Senin ( 19/8).

Padahal proses penyiraman dengan air merupakan proses pemadatan dari pekerjaan perkerasan lapisan pondasi agregat sesuai spesifikasi. Pada proses pekerjaan  lapis pondasi terdiri dari penghamparan material, pemadatan, penyiraman dan uji CBR.

Berikut paparan proses pekerjaan pemadatan di lapangan yang pertama kali setelah material di hamparkan secara merata yaitu di padatkan dengan compactor setelah agak merata kemudian di siram air secara merata dengan menggunakan water tank dengan kapasitas 5000 liter.

Setelah air merata di permukaan agregat yang sudah di padatkan kemudian agregat lapis pondasi di padatkan lagi dengan vibratory roller sampi merata dan padat.

Fungsi penyiraman ini untuk pemadatan, karena dengan adanya penyiraman air ini rongga-rongga antara agregat akan terpadatkan dengan sendirinya dan saling mengunci sehingga tidak ada rongga udara di dalamnya.

Namun proses itu tidak berlaku bagi proyek jalan pemeliharaan berkala Jalan Sungailiat-Bakam yang dikerjakan oleh PT Lembawai Indah Makmur tersebut.

Sementara itu PPK proyek pemeliharaan jalan tersebut Hairil ST yang merangkap sebagai Kepala Dinas PU TR Kabupaten Bangka sampai saat ini belum berhasil dikonfirmasi baik secara langsung melalui telepon. Berkali-kali ditemui dikantornya selalu tidak ada dan telepon genggamnya selalu tidak aktip .. (H 3 RS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll UpScroll Up
Share this product!