Close
BELITUNG, DETEKSIONLINE.com Pemerintahan Desa adalah tempat pelayanan masyarakat dalam segala hal, baik pelayanan administrasi maupun keluhan masyarakat itu sendiri. 
Namun bagaimana jika sebuah kantor Desa tidak ada penghuninya atau bisa dikatakan sepi pada saat jam operasional kerja, tidak ada satu orangpun pegawai pemerintahan Desa ada di dalamnya (masih kosong).
Itulah yang terjadi pada Kantor Desa Keciput, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung. Selasa (30/Juli/2019).
Yang menyedihkan lagi menurut keterangan tukang bangunan yang sedang mengerjakan Home Stay di area kantor desa tersebut menyatakan bahwa, kantor Desa ini sudah kosong sejak jam istirahat pukul 12.00 Wib hingga kurang lebih pukul 15.00 Wib. Akan tetapi seluruh  pintu ruangan kantor Desa tersebut malah di biarkan terbuka lebar.
“Saya tidak tau juga, biasanya tidak pernah sampai kosong begitu, sejak selesai rapat  UMKM tadi di dalam ini, tidak tau juga sampai tidak berpenghuni,” Ujar sumber dengan menggunakan dialek bahasa daerah.
Peraturan yang dibuat Kementrian Dalam Negeri RI, yang menerbitkan Permendagri Nomor 2 tahun 2017 tentang Standar Pelayanan Minimal Desa pada 3 Januari 2017 dan diundangkan dalam Berita Negara Republik Indonesia tahun 2017 Nomor 156 pada 23 Januari 2017. Permendagri dengan 10 BAB dan 29 Pasal ini mengatur tentang urusan pemerintahan desa dalam melayani kepentingan masyarakat desa.(kandar/h 3 rs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll UpScroll Up
Share this product!