Close
JAKARTA, DETEKSIONLINE.COM-Aparat Kepolisian harus segera melakukan penangkapan dan penahanan terhadap seorang wanita yang masuk ke Masjid dengan membawa anjingnya, serta tidak melepaskan alas kaki hingga terjadi keributan.
Hal ini di tegaskan oleh Ketua Umum BPI KPNPA RI Pusat, Drs Tubagus Rahmad Sukendar, menyikapi viralnya Video dan berita di Media Sosial, terkait wanita yang masuk ke masjid dengan membawa serta anjingnya itu.
BacaJuga
Satgas Tipikor BPI KPNPA RI Bongkar Kasus korupsi Dinas Dikjar Kota Siantar
Forum Ulama & Ustad  Dukung Ketum BPI KPNPA RI Calonkan Diri Sebagai Pimpinan KPK
“Kita merasa kaget, marah, sedih sekaligus prihatin. Negara yang telah menjadikan asas ketuhanan yang maha esa sebagai pilar untuk mengelola kebhinekaan, telah tercederai dengan tindakan menodai agama yang secara resmi diakui dan menjadi mayoritas di negeri ini,” kata Rahmad Sukendar.
Sebagaimana video yang beredar dan telah menjadi viral, seorang wanita yang mengaku beragama Katholik masuk area suci Masjid, yang menurut keterangan dari pengunggah video lokasinya berada Masjid Al-Munawwarah Sentul City.
Tak jelas apa yang diperdebatkan si wanita dengan seorang lelaki yang diduga pengurus Masjid, namun terlihat si wanita telah memasuki area suci Masjid tanpa mencopot alas kaki sambil marah-marah.
Celakanya, si wanita selain tidak melepaskan alas kaki, juga membawa seekor anjing. Bahkan, anjing itu dilepaskan dan berlarian di area suci Masjid.
Tidak cukup sampai disitu, si wanita tersebut juga terlihat marah-marah ketika seorang lelaki berusaha menghalau dan mengingatkan si wanita. “Jelas, peristiwa ini sangat menyakiti hati kami umat Islam”, ujar Rahmad Sukendar.
Menurutnya, bagi kami umat Islam, Masjid adalah tempat ibadah, tempat sholat yang suci. Tindakan si wanita yang mengaku beragama katholik, menggunakan alas kaki, bahkan membawa anjing dan melepaskannya di masjid adalah sebuah kesalahan besar. Apalagi, dalam pandangan agama Islam, anjing adalah najis, dan hal ini telah mengganggu umat Islam.
Secara hukum, lanjut Rahmad Sukendar, tindakan si wanita dalam video dimaksud jelas telah memenuhi unsur melakukan penodaan terhadap agama Islam, ditinjau dari beberapa aspek :
Pertama, Masjid adalah tempat suci untuk beribadah umat Islam. Jelas, menggunakan alas kaki yang menurut etika dan standar umum tak layak untuk dibawa ke Masjid, apalagi jika memiliki pengetahuan tentang rincian hukum tentang memuliakan masjid dalam pandangan agama Islam.
Sehingga, tindakan menggunakan alas kaki memasuki pada area suci Masjid secara terbuka, apalagi dengan membawa anjing yang dalam pandangan Islam hukumnya najis, jelas telah melecehkan, merendahkan, dan menghina kemuliaan dan martabat Masjid sebagai tempat ibadah yang disucikan oleh umat Islam.
Kedua, dalam pandangan ajaran Islam seorang yang beragama diluar Islam terkategori kafir. Dimana, seorang yang kafir juga terkualifikasi najis sehingga haram memasuki Masjid.
Tindakan si wanita yang tidak mau dihalau untuk keluar dari Masjid, bahkan dengan bangga mengumumkan dirinya beragama katholik (kafir) jelas telah secara sengaja memiliki niat secara sengaja untuk menghina Masjid yang semestinya dijaga kesuciannya.
Ketiga, dalam pandangan hukum wanita tersebut telah memiliki kecakapan hukum sehingga tidak bisa berdalih tidak bisa dipertangungjawabkan hukum jika kelak berdalih tidak mengetahui rincian hukum memuliakan masjid dalam pandangan agama Islam.
Sebab, bagi orang yang dewasa dan cakap hukum, berlaku tidak sopan, sambil menggunakan sepatu di area suci masjid, membawa dan melepaskan anjing di Masjid sekaligus menampakan kemarahan saat diingatkan, jelas menunjukan si wanita memiliki niat dan kesadaran, baik sengaja karena maksud maupun sengaja karena sadar kemungkinan, bahwa tindakannya telah mencederai perasaan umat Islam.
Perbuatan si wanita ini jika benar-benar terjadi, jelas telah memenuhi unsur secara sengaja di muka umum mengeluarkan perasaan atau melakukan perbuatan yang bersifat permusuhan, penyalahgunaan, atau penodaan terhadap agama Islam..(HS).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll UpScroll Up
Share this product!