Gebrak Babel Minta Dinas Kehutanan Tindak Tegas Tambang Besar di Kawasan Hutan Riau Silip

  • Share

 

SUNGAILIAT,DETEKSIONLINE.COM-Perambahan kawasan hutan produksi ( HP) Riau silip dilokasi Melandut atau lebih dikenal dengan Rimba Beras Kecamatan Riau Silip yang diduga dilakukan oleh CV GMJ dengan modus atas nama masyarakat setempat, patut dipertanyakan.

Hal itu dikatakan oleh Heryanto Sekretaris Gebrak Babel setelah mendapatkan kabar terkait perambahan kawasan Hutan Produksi di lokasi Rimba Beras Kecamatan Riau Silip oleh salah satu perusahaan tambang yaitu CV GMJ yang mengaku rekanan dari PT Timah TBK.

Menurut Gebrak Babel, Dinas Kehutanan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung harus memberikan tindakan tegas kepada penambang yang sudah merambah kawasan hutan produksi ( HP) tersebut, bahkan bila perlu pemilik tambang itu harus diproses secara hukum biar menimbulkan efek jera.

” Gebrak Babel meminta kepada Dinas Kehutanan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung  untuk mengambil tindakan tegas dan memproses secara hukum, bila perusahaan tersebut terbukti melakukan perambahan kawasan hutan produksi Rimba Beras Kecamatan Riau Silip Kabupaten Bangka,” ujar Heryanto Rabu (8/5) kepada deteksionline.com.

Menurutnya, perambahan dan pengrusakan kawasan hutan tidak bisa dibenarkan karena akan berdampak sekali terhadap lingkungan, apalagi seperti yang sudah-sudah, setelah ditambang, lokasi itu dibiarkan menjadi ‘kulong’ alias lubang eks tambang dan tidak bisa dimanfaatkan lagi oleh masyarakat.

” seperti yang sudah-sudah, penambang hanya mengambil bijih timahnya saja, setelah itu lahan yang sudah ditambang pasti dibiarkan oleh penambang menjadi ‘kulong’ alias lubang eks tambang tanpa di reklamasinya lagi dan kalau sudah menjadi ‘kulong’, lahan itu tidak akan bisa dimanfaatkan lagi oleh masyarakat,” katanya lagi.

Sementara itu pemilik CV GMJ Muhamad Rianlan sampai berita ini ditayangkan, belum menjawab konfirmasi yang dilayangkan oleh deteksionline.com, padahal konfirmasi yang dilayangkan melalui whatsapp sejak Selasa (7/5) kemarin,  begitu juga dengan Humas PT Timah Anggi Siahaan tidak memberikan keterangan apapun terkait keberadaan tambang tersebut.

(Vinna/ man)

 652 total views,  1 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *