Prajurit Yon POM 2 Marinir Laksanakan Rustaper Anggota Sebagai Salah Satu Tugas Pokok

Read Time:1 Minute, 44 Second

Latihan perorangan dasar (LPD) Rustaper Prajurit Yon POM 2 Marinir.

Kegiatan latihan ini diawali dengan Apel Pagi untuk mengecek kelengkapan personel maupun material.  Dan dilanjut brefing kepada seluruh prajurit yang akan melakasakan latihan.Pembagian orgas dan yang terakhir adalah pemberian perintah operasi Satuan Tugas dalam Operasi Rustaper. Palaklat dalam hal ini yaitu Lettu Mar Sutejo yang sehari hari menjabat sebagai PJS Pasi 2 Ops Batalyon Polisi Militer 2 Marinir memberikan pengarahan dan petunjuk  teknis pelaksanan di lapangan.

Pengurusan Tawanan Perang (Rustaper) merupakan salah satu tugas pokok Prajurit Batalyon Polisi Militer 2 Marinir dalam mendukung Operasi Amfibi dalam Operasi Militer Perang,terang Lettu Marinir Sutejo.

“Dalam hal ini di simulasikan apabila satuan infanteri yang berada di garis depan mendapatkan tawanan perang dan meminta kepada Danton POM untuk mengambil tawanan perang. Selanjutnya Danton Pom memerintahkan  satu Regu Pom untuk berangkat mengambil tawanan perang sesuai dengan koordinat yang telah ditentukan. Setelah tawanan diambil dari satuan infanteri, selanjutnya Danru Pom membawa tawanan menuju ke posko  Ton POM dengan tetap memperhatikan kewaspadaan dan faktor keamanan,” papar Sutejo.

Lebih lanjut Lettu Sutejo menjelaskan,setelah tawanan tiba dan diterima oleh Danton Pom maka selanjutnya tawanan perang menjalani prosedur yang dinamakan  prosesing meliputi : penerimaan,interogasi,foto dan cuci cetak,sidik jari,pencatatan hingga terkhir  ditempatkan didalam bilik penggolongan sesuai klasifikasi tawanan perang. “Tujuan dari tahapan prosesing yang dilaksanakan terhadap tawanan tersebut adalah untuk mendapat informasi tentang kedudukan,kekuatan,persenjatan maupun informasi penting lainnya tentang musuh dengan berpedoman pada hukum Humaniter,” paparnya.

Dalam latihan ini Komandan Batalyon Polisi Militer 2 Marinir Letkol Marinir Afin Dudun Abisantha,S.E.,M.M.,M.Tr.Hanla. Selaku Pimlat menyampaikan arahan bahwa pengurusan tawanan perang merupakan salah satu tugas pokok prajurit  Batalyon Polisi Militer 2 Marinir dalam mendukung operasi militer perang,

“Tujuan dari diselenggarakan latihan ini agar prajurit Batalyon Polisi Militer 2 mampu dan memahami tugas tugasnya agar menjadi prajurit Yonpom 2 Mar yang profesional,militan dan tangguh dalam melaksanakan tugas pokok satuan,” tegas Dudun.

Dalam latihan kali ini prajurit Batalyon Polisi Militer 2 Marinir juga melaksanakan Hanmas menggunakan tenue PDLT bersenjata dengan rute jarak kurang lebih 8 KM, yang dilaksanakan di sekitar lingkungan Ksatrian Marinir Sutedi senaputra Karangpilang Surabaya.(wan)

6 total views, 1 views today

0 0
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat