Warga Jalan Batako Resahkan Keberadaan Tambang Timah di Belakang Rumah Mereka

  • Share

SUNGAILIAT,DETEKSIONLINE.COM-Beberapa warga jalan Batako Kelurahan Sungailiat kecamatan Sungailiat kabupaten Bangka mengeluhkan keberadaan tambang-tambang timah dibelakang rumah mereka yang sudah sebulan lebih beraktivitas.

Keluhan itu disampaikan oleh Bu Ani kepada deteksionline.com melalui pesan whatsapp, Minggu (21/4), menurut Bu Ani, tambang-tambang itu diduga ilegal karena posisi tambang hanya berjarak 10 meter dari rumah warga dan 20 meter dari jalan raya, kalau tambang resmi pasti ada aturannya.

“Jarak tambang-tambang timah itu hanya 10 meter dari rumah warga dan 20 meter dari jalan raya, saya rasa itu tambang ilegal karena tidak ada aturannya tambang itu harus di belakang rumah warga”, keluh Bu Ani, Minggu (21/4).

Senada dengan Bu Ani, Bu Rere juga mengirim pesan kepada deteksionline.com meminta tambang itu diberitakan, karena sangat mengganggu ,selain iti juga nenurut Bu Rere,keberadaan tambang dipemukiman warga itu bisa menyebabkan banjir karena saya melihat limbahnya di alirkan ke saluran pas di pemukiman warga, sekarang saluran itu sudah tertutup dengan limbah eks tambang, bahkan bisa membuat jembatan kecil itu dijalan itu bisa putus kalau dibiarkan.

“Kami meminta pihak wartawan jangan takut untuk memberitakannya karena keberadaan tambang itu bisa menyebabkan banjir, mereka membuang limbahnya ke saluran kecil itu, sekarang saluran itu sudah tertutup dengan limbah dari tambang mereka, sebentar lagi jembatan itu putus karena tertimbun, bagaimana kami mau lewat”, tulis bu Rere, Senin pagi (22/4).

Berdasarkan pantauan dilapangan, tambang di Jalan Batako Sungailiat itu ada sekitar 10 unit, jarak antara tambang dengan rumah warga hanya 10 meter dan 20 meter dari sisi jalan raya.

Info yang didapat, tambang- tambang itu diduga dikelola oleh Kardus warga Sungailiat kabupaten Bangka, sementara untuk yang menampung timah dari hasil penambangan ilegal itu belum diketahui, beberapa kolektor timah ilegal di Sungailiat masih bungkam terkait hasil timah dari tambang ilegal itu.

Sementara itu sangat disayangkan Kepala Satpol PP kabupaten Bangka Dahlian Amrie belum dapat dikonfirmasi, pesan singkat yang dikirim melalui whatsapp oleh deteksionline.com, sejak Senin pagi (22/4) belum dijawab yang bersangkutan..( man saleh).

 666 total views,  1 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *