Close

CIMANGGIS, DEPOK, DETEKSIO0NLINE.COM- Jawara yang mengawal Irjen Pol (Pur)  Herbert P Sitohang berhasil merobohkan palang pintu Kampung Kali Manggis Kecil,  yang mencoba menguji kemampuan caleg Perindo untuk DPR-RI itu.

Ide kreatif terlihat ketika caleg Perindo itu   menggelar kampanye di Kampung Kali Manggis Kecil, Harjamukti, Cimanggis, Depok,  Senin (8/3/2017). Untuk masuk kampung tersebut Herbert P Sitohang harus membawa  jago silat untuk membuka palang pintu daerah tersebut.

Palang pintu identik dengan budaya Betawi terutama untuk acara perkawinan. Palang pintu dapat dipakai pada acara resmi seperti penyambutan tamu negara atau tamu khusus. Palang pintu berguna sebagai penggiring tamu dalam memasuki acara tersebut.

Biasanya alat-alat yang dibawa dalam acara tersebut hanya kembang kelapa dan alat atraksi silatnya seperti golok serta membawa tim pemusik rebana kecimpring. Kostum yang digunakan juga tidak jauh berbeda seperti halnya pada acara perkawinan yaitu baju koko/sadariah dengan celana kolor panjang dan baju ujung serong pada beberapa orang palang pintu saja.

Terpenting, palang pintu digunakan untuk menguji ilmu dari pendatang. Dalam konteks ini masyarakat setempat sepertinya ingin menguji kemampuan Herbert P Sitohang dalam memaparkan visi dan visinya.

Sudah jelas tergambar, palang pintu tuan rumah H Risan ‘terjengkang’ dihajar oleh pembuka palang pintu yang mengawal Herbert P Sitohang. “Kalu gitu silakan masuk dan duduk deh,” kata palang pintu tuan rumah.

Acara sambutan gunakan palang pintu itu tambah semarak ketika tim musik tanjidor yang mengiring onde-ondel  ikut menabuh gendang sesuai gerakan pesilat.

Kelucuan banyolan Betawi membuat puluhan masyarakat yang hadir terkekeh-kekeh dan tergelak melepas tawa. Begitu juga Herbert dan isteri ikut tertawa lepas.

Kerena itu, ketika memberikan sambutan Herbert, yang juga mantan kKapolda NTT inui  mengaku hilang kata-kata karena terbawa suasana yang sangat menghibur itu. “ Ya , begitulah. Partai Perindo hadir untuk melindungi rakyat bukan untuk mencari uang. Bila ada caleg Perindo terpilih nanti yang  hanya mencari uang mari kita doakan beramai-ramai supaya ditangkap KPK,” kata Komisari MNC ini disambut tepuk tangan.

Menhurutnya, caleg Perindo memang diutus mendatangi rakyat bukan untuk didatangi. “Kami mendatangi rakyat untuk menyerap aspirasi dan memperjuangkan aspirasi tersebut,” katanya sambil menyebut terlalu banyak anggota dewan yang sudah terpilih tidak mau lagi mjendatangi konstituennya. .

Usai memperkenalkan para kader dan Caleg lainnya, seperti Heru Purnomo untuk DPRD Propinsi dan Muhadi Baryanto untuk DPRD Depok, rombongan keliling kampung diiringi ondel-ondel.

Meskipun panas matahari menyengat, tapi Herbert bersama isteri tetap semangat berkeliling lampung dan menyaksikan langsung para relawannya membagikan selebaran.

Acara ditutup dengan makan siang bersama di rumah H Risan, dengan menu semur jenggol dan gabus pisung ala Betawi. (hendra)

.

 

 

Titian Karir Herbert P Sitohang

Nama : Ricky HP Sitohang, S.H
Tempat/Tanggal Lahir : Medan, 22 Mei 1958
Pangkat : Brigadir Jenderal
Jabatan : Kapolda NTT
Istri : Paulina RHT Sihotang
Riwayat Jabatan: TAHUN
Danton Sabhara Polda Metro Jaya : 1983
Pasub Unit Patko Polda Metro Jaya : 1984
Kasub Unit III Patko Polda Metro Jaya : 1985
Kaunit Judi Susila Polres Jakarta Selatan : 1988
Wakapolsek Jaga Karsa Polres Jakarta Selatan : 1988
Wakapolsek Kebayoran Baru Polres Jakarta Selatan : 1989
Kapolsek Metro Ciputat Polres Jakarta Selatan : 1989
Guru Muda Pusdik Sabhara Lemdiklat Polri : 1994
Kasubbag Lat Opsjarlat Pusdik Sabhara Lemdiklat Polri : 1997
Kapolres Alor Polda NTT : 1999
Pamen Sespim Polri : 2000
Kabag Serse Um Dit Serse Polda Maluku : 2001
Kapolres Maluku Tengah : 2001
Dirsamapta Polda Maluku : 2003
Penyidik Utama Dit V/Tipiter Bareskrim Polri : 2005
Katim V/ Jatekting Bid Pkan (TNCC) Bareskrim Polri, : 2006
Direskrim Polda NTT : 2006
Kanit III Dit III/ Kor dan WCC Bareskrim Polri : 2007
Pamen Bareskrim Polri : 2008
Kabid Kumdang Div Binkum Polri : 2009
Kapus Provos Div Propam Polri : 2010
Karo Provos Divpropam Polri : 2010
Kapolda NTT

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll UpScroll Up
Share this product!