Waduh, Bu Hajjah Ini Mangaku Kawasan Hutan Lindung Matras Adalah Tanah Miliknya

  • Share

SUNGAILIAT, DETEKSIONLINE.COM- Berbekal selembar surat pinjam pakai Tahun 1978 yang dikeluarkan oleh Kepala Wilayah  Kecamatan Sungai Liat waktu itu  Basrah Djohari yang sudah kadaluarsa,  Bu Hajjah Anon warga Sungailiat Kecamatan Sungailiat Kabupaten Bangka ini mengaku tanah seluas 7,5 hektar didalam kawasan hutan lindung pantai (HLP) Matras adalah tanah miliknya.

Selain mengaku tanah miliknya, Bu Hajjah memungut fee sebanyak Rp.18000  perkilo gram dari setiap Kilo gram  timah yang didapatkan oleh penambang ilegal tersebut. Dan kegiatan pengambilan fee itu sudah berlangsung bertahun-tahun semenjak aktivitas tambang ilegal didalam kawasan hutan lindung pantai (HLP) itu berlangsung.

Padahal didalam surat itu isinya, adalah ijin pinjam pakai sementara dari pihak kecamatan untuk berkebun dan membuat rumah dan dalam perjanjian itu juga kalau selama 3 bulan tidak diusahakan, tanah itu kembali kepada negara.

Selain itu juga, tanah yang diakui milik Bu Hajjah ini masuk kawasan daerah aliran sungai (DAS).

Sumber Deteksi Online menyebutkan, dalam praktek pengambilan fee ini, Bu Hajjah Anon mengutus dua orang pembantunya adalah Jajang dan Kulub. Kedua orang inilah yang setiap hari mungambil fee hasil penjualan timah ditambang ilegal itu.

Sementara itu Kepala Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Bubus Panca Ruswanda berjanji akan kembali menertibkan tambang-tambang ilegal yang masuk kawasan hutan lindung pantai (HLP) tersebut. Ruswanda akan berkoordinasi dengan Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dalam waktu dekat.

” Saya akan berkoordinasi dulu dengan Kadishut, kita tunggu petunjuk Kadishut untuk penertiban secepatnya”, ujar Ruswanda melalui telepon selular, Senin ( 25/3).

Untuk diketahui, dalam hal ijin pinjam pakai kawasan hutan adalah harus mengacu kepada

PERATURAN MENTERI LINGKUNGAN HIDUP DAN KEHUTANAN

REPUBLIK INDONESIA

NOMOR P.50/Menlhk/Setjen/Kum.1/6/2016

TENTANG

PEDOMAN PINJAM PAKAI KAWASAN HUTAN. Ijin pinjam pakai kawasan hutan bukan dari pihak kecamatan..(herman saleh)

 1,375 total views,  2 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *