Jaga Kondusifitas Jelang Pemilu, Kapolsek Kumpulkan Para Kanit Guna Evaluasi dan Maksimalkan Kinerja

  • Share

Para Kanit jajaran polsek Candi saat dikumpulkan Kapolsek Candi Kompol Fatahul Azmi Rabu (20’3/2019)

SIDOARJO,DETEKSIONKINE.COM -Upaya  memaksimalkan dan efisiensi,serta evaluasi kinerja anggota, Kapolsek Candi Kompol Fatahul Azmi,S.Pd kumpulkan para Kanit jajaran Polsek Candi.Hal ini demi keamanan (kondusifitas)dan kesuksesan pelaksanaan pemilu yang akan diselenggarakan 17 April mendatang.

Kapolsek Candi Kompol Fatahul Azmi saat dikonfirmasi Rabu (20/3/2019)menyampaikan yang pertama tujuan kita mengumpulkan para Kanit, memang rutin kita laksanakan hampir tiap hari dengan para kanit yang tujuannya mengevaluasi yang sudah di lakukan sebelumnya.

Terus berikutnya merencanakan kegiatan  yang akan datang terutama terkait  dengan gangguan  Kamtibmas. Sebab pencegahan dan penanganan gangguan kamtibmas ini bisa kita laksanakan  dengan pre’eventif, dan reprensif.Fungsinya kita di polsek candi ini adalah Pre’eventif itu di laksanakan  oleh Bimas intel, preventif itu akan dilaksanakan oleh  unit Sabhara dan unit lantas untuk  pencegahan  gangguan  kamtibmas.

“Sedangkan represif itu akan dilaksanakan oleh unit reskrim penindakan dan proses hukum.Inilah yang akan kita rencanakan kedepan pengungkapan-pengungkapan terhadap kasus kriminal yang terjadi di wilayah  polsek Candi itu intinya kita berkumpul dengan para kanit hampir tiap hari,” terang Fatahul.

Lebih lagi menjelang pemilu 17 April yang akan datang, kita memang di tekankan pimpinan untuk mengelola kondisi  keamanan jangan sampai ada permasalahan sosial yang berkembang pada masyarakat.

“Sebab akan berkembang dan membesar sehingga akan mengganggu. Paling tidak berpengaruh terhadap  kondusifitas wilayah yang nantinya akan mengganggu  jalannya pemilu 2019.Baik pemilu presiden dan pemilu legeslatif,” kata mantan Kabag Ren Polres Pasuruan Kota tersebut.

“Saya berulang kali bertemu dengan forkompimka, pak camat, pak Danramil dimana kami selalu menyampaikan bahwa kondisi masyarakat ini kita harus kelola kamtibmasnya jangan sampai masyarakat juga ikut  terbawa berita bohong, hoax, dan sebagainya,”tegasnya.

Terutama ini yang menjadi fokus perhatian kita jangan sampai masyarakat  ini terpengaruh dengan pemberitaan” informasi “yang masuk ke media sosial,masyarakat juga kita berikan pendewasaan agar bisa menyaring pemberitaan hoax yang di terima dari media sosial.

Masyarakat  juga memiliki peran yang sangat penting dalam menjamin kondusifitas wilayah, karena masyarakat yang paling tahu dalam kondisi diwilayahnya ada informasi sekecil apapun pengaruh di dalam gangguan kamtibmas, sehingga kita minta kepada masyarakat peran keamanan itu sangat penting di dalam ketertiban masyarakat.

Sementara Kanit reskrim Candi  Iptu Isbahar Buamona SH.MSi menambahkan hal itu juga untuk dilakukan evaluasi kerja terhadap para Kanit sebagai pembina teknis di Polsek Candi sesuai dengan fungsi kerja masing-masing.”Jadi untuk tugas pre-eventif dalam hal ini dilakukan oleh fungsi Intel selaku pulbaket, tugas preventif dalam hal ini dilakukan oleh fungsi Lantas dan Sabhara, sedangkan untuk tugas represif dalam hal ini dilakukan oleh fungsi Reskrim,” imbuh Isbahar Rabu (20/3/2019).

Lebih jauh Isbahar menjelaskan unit Reskrim dipimpin oleh Kanit Reskrim merupakan unsur pelaksana tugas pokok yang bertanggung dan berada dibawah Kapolsek.Serta dalam melaksanakan tugas sehari-harinya dibawah kendali Wakapolsek.

Unit Reskrim menyelenggarakan fungsi sebagai Pelaksanaan penyelidikan dan penyidikan, Pelayanan dan perlindungan khusus kepada remaja, anak, dan wanita baik sebagai pelaku maupun korban ( dalam berbagai kasus seperti KDRT dan perlindungan anak) dan secara garis besar melakukan proses hukum sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.Serta pengidentifikasi untuk kepentingan penyidikan.

“Sedangkan untuk meminimalisir setiap kejadian  tindak pidana maupun kriminalitas yang terjadi di Wilayah hukum Candi unit Reskrim  melakukan kring serse dimana anggota Reskrim melaksanakan tugas sesuai dengan ploting masing-masing sesuai dengan daerah rawan yang telah ditentukan terhadap nya.begitu pula piket Reskrim yang tergabung dalam piket gabungan yang dikendalikan oleh Padal melaksanakan patroli bersama (mobile)  mengamankan agar tidak terjadi pelanggaran hukum/Tindak kriminal dan Bimmas melaksanakan tugas preeventif,” tutupnya.(wan).

 761 total views,  1 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *