Cegah Kepunahan Ras, Unit K9 Denpomal Kembangbiakan Satwa

  • Share

Dandenpomal Letkol Laut (PM) Edwin Heryana saksikan proses perkawinan anjing jenis herder milik bu Anita dan unit K9 Denpomal Lanudal Juanda

SIDOARJODETEKSIONLINE.COM:  Mencegah punahnya ras dan menunjang tugas pokok Denpomal Lanudal Juanda  unit satwa K9 selain rutin latihan juga nampaknya untuk yang pertama kalinya melakukan pengembang biakan ras atau mengawinkan. K9 sangat berperan dalam mecipatakan kondusifitas wilayah bandara baik Terminal 1 (T1)maupun Terminal 2 (T2).

Selain latihan rutin terlihat hal yang sangat patut diapresiasi,yakni pengembangbiakan satwa unit K9.Anjing jenis Herder milik Denpomal dengan milik warga pecinta anjing milik  Anita.

Dandenpomal Lanudal Juanda  Letkol Laut (PM) Edwin Heryana menyampaikan kepada Deteksi Kamis (7/3/2019), pada siang hari ini unit K9 berkerja sama dengan pecinta anjing melaksanakan proses perkawinan anjing, dan hal ini baru pertama kali dilaksanakan unit satwa K9 Denpomal Juanda. Adapun jenis anjing yang dikawinkan adalah jenis herder (AGJ) milik K9 Denpomal juanda dengan jenis All black herder dari pencinta satwa  yang mana kedua jenis anjing ini sebelumnya belum pernah diketemukan.

Edwin memparkan untuk proses perkawinan anjing ini merupakan yang pertama kali dilakukan sebagai bentuk upaya untuk mengembangbiakan satwa tersebut dengan harapan dapat menghasilkan anakan anjing yang lebih bagus sehingga nantinya dapat memperkuat Unitt K9 yang dimiliki oleh Denpomal Juanda.

“Selain itu pula kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk Kerja sama dengan komunitas pecinta anjing sekaligus sebagai ajang sharing dalam perawatan serta pelatihan bagi unit K9,” papar Edwin saat dikonfirmasi wartawan.

“Selama saya menjabat ini baru pertama, karena ada dari warga pecinta anjing yang pingin anjingnya berkembang biak dan memiliki jenis yang sama dengan milik K9 kita. Mereka membawa anjingnya untuk dikawinkan, akhirnya seperti yang kita lihat walaupun baru pertama diketemukan tapi perkawinan tersebut dapat langsung terjadi,” kata Edwin.

Unit satwa K9 Denpomal Juanda memiliki 6 ekor yang terdiri dari ras  herder, doberman, belgian malinois, pit bull dan ada juga jenis labrador. “Mudah – mudahan hal ini  semakin menambah motivasi bagi anggota unit K9 Denpomal dalam merawat dan melatihnya sehingga harapannya dapat menunjang terhadap keberhasilan tugas yang diemban,”ujar Dandenpom.


Drh Yozy saat dikonfirmasi ketika memberi vaksinasi ,mengatakan ini hanya vaksinasi rutin sebab kemarin- kemarin darahnya cair ( hemoglobinya sangat kurang) penyebabnya kotingnya darah  bisa dua keracunan dan racun tertentu yang bisa merusak darah,kedua racun dari hewan (ular) hemotoksis parasit darah.”Untuk itu perlu vaksin yang dilakukan setahun sekali.Yakni umumnya Vaksin uricane tujuh,diatemper,hepatitis dan rabies,” terang drh.Yozy.

Ditanya terkait untuk perkawinan (pembiakan)anjing,Yozy menjelaskan,untuk mengawinkan pada saat anjing tersebut menstruasi yang lamanya  dua minggu (14 hari).Puncak birahi hari ke 11-14 itu yang tepat baru bisa dikawinkan.

Hari pelatih satwa K9 yang sudah puluhan tahun menggeluti bidangnya mengatakan kalau ditanya suka dukanya, bagi pribadinya tidak ada dukanya.”Yang ada hanya suka,” ujar dia sambil senyum menjawab pertanyaan wartawan.”Ya sama dengan yang di sampaikan  oleh bu dokter tadi bilang makin digigit makin kangen, makin sulit makin kangen sama dia (anjing)tersebut. Misal ada kesulitan kenapa ya,apa yang salah  dengan kita, jadi jangan salahkan  satwanya karena perlu adaptasi,” kata Hari.

“Kalau yang umum standar  AGJ (Anjing Gembala Jerman)atau orang yang biasanya menyebut dengan Herder yang apa diajarkan oleh pelatih mudah mengerti.Tapi ada anjing yang menurut surve atau penelitian ,itu yang saya alami sendiri adalah malinois(herder belgi).

“Kalau melakukan perkawinan ya itu rejeki-rejekian mas,sebab biasanya yang paling sulit bila anjing pejantan dan betinanya masih baru pertama untuk melakukan perkawinan,” tegas Hari.

Sementara Anita pemilik anjing Herder betina, mengatakan anjingnya ini baru pertama kali melakukan proses kawin, dan kebetulan dengan anjing K9 milik Denpomal Lanudal Juanda. “Ini berawal dari suami saya kebetulan sekarang lagi berdinas keluar kota menyuruh agar Lisa (nama panggilan anjing) untuk dikawinkan dengan anjing milik K9 yang memiliki jenis Herder. Dengan harapan nanti keturunannya menjadi baik dan untuk mempertahankan rasnya. Saya sangat senang dan saya mengucapkan terima kasih kepada Dandenpomal karena anjing saya dapat dikawinkan dengan anjing K9 Denpomal Juanda,” kata Anita.(wan)

 918 total views,  2 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *