Warga Laporkan Calon Anggota DPD Kepada Bawaslu Babel

PANGKALPINANG,DETEKSIONLINE.COM-Bawaslu Provinsi Bangka Belitung sedang mendalami dugaan pelanggaran kampanye yang dilakukan oleh dua orang calon legislatif, Bahar Buasan dan Alexander, Rabu (06/03/2019).

Deteksi Online mendapat informasi terkait pelaporan yang dilakukan oleh seorang warga ke Bawaslu dengan surat bernomor No 04/LP/PL/03/2019. Pelaporan dilakukan oleh seorang warga atas nama Marshal.

Dalam bukti pelaporan yang sempat beredar di kalangan terbatas. Marshal sebagai pihak pelapor juga menyertakan dokumen berupa foto dan video berdurasi 50 detik sebagi pelengkap laporan.

“Iya benar pak, kita hanya menyayangkan adanya dugaan mutual simbiosis antara mereka. Sebab kampanye yang dilakukan oleh RT bersama Partai, dinilai oleh masyarakat didompleng oleh mereka berdua, walaupun sama-sama kita ketahui calon legislatif harusnya mewakili kepentingan daerah,” ungkap Marshal dalam wawancara lewat seluler, Selasa malam (05/03/2019).

Menurut Komisioner Bawaslu Divisi Penindakan dan Pelanggaran, Bawaslu Babel, Jafri saat dihubungi redaksi. Ia mengatakan bahwa pihaknya sudah menerima informasi terkait adanya pelaporan oleh seorang warga bernama Marshall. Bahar dan Alex dilaporkan atas dugaan pelanggaran administratif Pemilu/Pemilu TSM.

“Ya hari ini mau kita pleno, itu dugaan pelanggaran administrasi pemilu,” kata Jafry singkat, Rabu (06/03/2019).

Selain itu, pihak Bawaslu Babel juga akan melakukan mekanisme koreksi dengan melakukan upaya-upaya persuasif, sebelum diambil tindakan tegas berupa sangsi. Baik administratif maupun sangsi pidana pemilu.

“Upaya perbaikan mekanisme, prosedur dan sebagainya, teguran tertulis. Sementara jika bicara sangsi ada di UU 7 tentang pemilu,”tegasnya..(yanto/man)

Leave a Reply