by

Akui Sudah Bayar Lunas,Warga Keluhkan Uang Pajak Tahunan Raib dan Harus Bayar Tunggakan

Kepala Desa Grabagan kecamatan Tulangan saat dikonfirmasi wartawan di kediamannya dan barang bukti pembayaran PBB coretan kertas

SIDOARJO, DETEKAIONLINE.COM: Program pemerintah sebelumnya Prona yang kini menjadi PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap) Desa Grabagan disambut gembira oleh warga.Dari sosialisasi hingga persyaratan kelengkapan, cukup mengumpulkan dan menyerahkan dokumen, seperti photo copy kk, ktp, surat tanah, dan SPPT PBB ke panitia pemerintah Desa.

Dengan adanya program PTSL ini warga peserta pendaftaran surat tanah merasa dimudahkan dan menyambut antusias.

Bukti pembayaran PBB warga hanya secarik kertas dengan coretan jumlah nominal

Namun sayangnya diketahui dilapangan,ada ganjalan pertanyaan warga Desa Grabagan, terkait salah satu persyaratan tersebut. Seperti SPPT PBB resmi dari BANK Jatim. Hampir 95% warga mengeluhkan hal ini, rata rata warga telah membayar lunas kepada penarik iuran SPPT PBB tiap tahunnya.Namun anehnya hanya diberikan  tanda terima secarik kertas sobekan disertai coretan jumlah dan tanggal sebagai bukti pembayaran.Hal ini berjalan sejak tahun 2012 hingga saat ini.

Bahkan ada warga awam yang takut tidak bisa menjadi peserta PTLS, mereka rela merogoh kantong untuk membayar lagi ke BANK Jatim Sidoarjo. Salah satu warga yang tak mau disebutkan namanya ini, menceritakan,”Saya datang ke Bank Jatim dan menanyakan pajak tanah saya, ternyata belum terbayar sejak tahun 2012, kalau di hitung hingga saat ini senilai hampir Rp 2jutaan,” katanya dengan kecewa.

Terkait hal ini seluruh warga Desa Grabagan yang merasa dirugikan berencana akan geruduk Balai Desa Grabagan.

Purnomo kepala Desa Grabagan saat dikonfirmasi  di rumahnya mengatakan akan mencari solusinya.Menurutnya itu bukan dekat daerah rumah saya (bukan daerah sini.red)

” Terkait hal itu saya tidak tahu menahu, karena saya menjabat Kepala Desa baru sejak 2016, selain itu urusan saya juga banyak.”Dan hal itu saya belum menjabat lurah,” katanya kepada wartawan di kediamannya.

Perlu diketahui Purnomo sebelumnya pernah menjabat sebagai BPD di pemerintahan Desa Grabagan dan saat ditemui juga mengatakan dirinya saat ini fokus kesehatan karena persiapan operasi sembari menunjukan hasil foto X-RAY kepada wartawan.

Sementara Cakra Yahan wakil/Komandan  OKK MPC Pemuda Pancasila Sidoarjo kepada wartawan saat dikonfirmasi Jumat  (22/2/2019) selaku pembina di wilayah kecamatan Tulangan khususnya sebelumnya sudah berusaha semaksimal mungkin untuk permasalahan ini dicarikan solusi dan jalan keluar terkait permasalahan warga desa Grabagan,guna mencari jalan  yang terbaik untuk anggota dan saya mencari kader-kader terbaik.(wan)

 

57 total views, 2 views today

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed