Kolong PDAM Diserbu Penambang Ilegal

  • Share

PANGKALPINANG,DETEKSIONLINE.COM-Kolong PDAM,tepatnya di belakang perumahan Citra Land, Kelurahan Air Itam, kecamatan Bukit Intan, kota Pangkalpinang diserbu puluhan ponton Tambang Inkonvensional, atau disingkat TI Rajuk,Sabtu (16/2)

Pantauan media sore ini menyebutkan, bahwa di area yang seharusnya bebas dari praktek tambang ilegal tadi, justru para awak ponton berlomba-lomba menyedot SDA berupa pasir timah, yang diyakini hasilnya bisa dibilang lumayan.

Sebagai perbandingan, di dalam Perda No 1 Tahun 2012 tentang RTRW Kota Pangkalpinang telah disebutkan bahwa, selain sebagai acuan bagi pemerintah, pemerintah provinsi, pemerintah kota dan

masyarakat untuk mengarahkan lokasi kegiatan dan menyusun program pembangunan yang berkaitan dengan pemanfaatan ruang kota.

“Perda ini juga berfungsi sebagai penegasan lokasi investasi di wilayah kota yang dilakukan pemerintah dan masyarakat, pengendali terhadap pemanfaatan, penataan, pembangunan dan pengembangan wilayah kota, meliputi penetapan peraturan zonasi, perizinan, pemberian insentif dan disinsentif, serta pengenaan sanksi,” jelas Perda tadi dalam butir b,c dan d.

Sementara itu, Kasatpol PP Pemkot Pangkalpinang, Rasdian saat dihubungi awak media lewat ponselnya, Ia mengatakan bahwa pihaknya baru mengetahui informasi terkait aktifitas TI ini dari awak media.

“Oh iya itu biasanya masuknya dari arah belakang perusahaan hotmix apa itu disitu. Tapi info-nya sudah diteruskan ke group Tim Saber TI, kan ada Kapolres, KabagOps Polres juga disitu,” ucapnya dalam sambungan seluler, Sabtu 16/02.

Ia juga menegaskan, terkait masih banyak ditemukan aktifitas penambangan ilegal di Kota Pangkalpinang, pihaknya dengan stakeholder yang ada, berupaya semaksimal mungkin untuk menihilkan presentasenya secara signifikan dan berkesinambungan.

“Iya nanti kan kalau kita sita alat-alatnya, baru keliatan siapa yang ikut menambang disitu. Prinsipnya tetap kita ambil tindakan tegas,” tutup Kasatpol PP..(Vinna).

 501 total views,  1 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *